Minggu, 20 Juni 2010

Aku Ingin Mama Kembali

Sambil nunggu acara pertandingan piala dunia "Kamerun vs Denmark",isi artikel ajah dulu.
Sebuah kisah teladan dari negeri China
Di Propinsi Zhejiang China, ada seorang anak laki yang luar biasa, sebut saja namanya Zhang Da.

Perhatiannya yang besar kepada Papanya, hidupnya yang pantang menyerah dan mau bekerja keras, serta tindakan dan perkataannya yang menyentuh hati membuat Zhang Da, anak lelaki yang masih berumur 10 tahun ketika memulai semua itu, pantas disebut anak yang luar biasa.

Saking jarangnya seorang anak yang berbuat demikian, sehingga ketika Pemerintah China mendengar dan menyelidiki apa yang Zhang Da perbuat maka merekapun memutuskan untuk menganugerahi penghargaan Negara yang Tinggi kepadanya. Zhang Da adalah salah satu dari sepuluh orang yang dinyatakan telah melakukan perbuatan yang luar biasa dari antara 1,4 milyar penduduk China. Tepatnya 27
Januari 2006 Pemerintah China, di Propinsi Jiangxu, kota Nanjing, serta disiarkan secara Nasional keseluruh pelosok negeri, memberikan penghargaan kepada 10 (sepuluh) orang yang luar biasa, salah satunya adalah Zhang Da.

Pada tahun 2001, Zhang Da ditinggal pergi oleh Mamanya yang sudah tidak tahan hidup menderita karena miskin dan karena suami yang sakit keras. Dan sejak hari itu Zhang Da hidup dengan seorang Papa yang tidak bisa bekerja tidak bisa berjalan, dan sakit-sakitan. Kondisi ini memaksa seorang bocah ingusan yang waktu itu belum genap 10 tahun untuk mengambil tanggungjawab yang sangat berat. Ia harus sekolah, ia harus mencari makan untuk Papanya dan juga dirinya sendiri, ia juga harus memikirkan obat-obat yang yang pasti tidak murah untuk dia. Dalam kondisi yang seperti inilah kisah luar biasa Zhang Da dimulai. Ia masih terlalu kecil untuk menjalankan tanggung jawab yang susah dan pahit ini. Ia adalah salah satu dari sekian banyak anak yang harus menerima kenyataan hidup yang pahit di dunia ini.Tetapi yang membuat Zhang Da berbeda adalah bahwa ia tidak menyerah.

Hidup harus terus berjalan, tapi tidak dengan melakukan kejahatan, melainkan memikul tanggungjawab untuk meneruskan kehidupannya dan papanya. Demikian ungkapan Zhang Da ketika menghadapi utusan pemerintah yang ingin tahu apa yang dikerjakannya.

Ia mulai lembaran baru dalam hidupnya dengan terus bersekolah. Dari rumah sampai sekolah harus berjalan kaki melewati hutan kecil. Dalam perjalanan dari dan ke sekolah itulah, Ia mulai makan daun, biji-bijian dan buah-buahan yang ia temui. Kadang juga ia menemukan sejenis jamur, atau rumput dan ia coba memakannya. Dari mencoba-coba makan itu semua, ia tahu mana yang masih bisa ditolerir oleh lidahnya dan mana yang tidak bisa ia makan. Setelah jam pulang sekolah di siang hari dan juga sore hari, ia bergabung dengan beberapa tukang batu untuk membelah batu-batu besar dan memperoleh upah dari pekerjaan itu. Hasil kerja sebagai tukang batu ia gunakan untuk membeli beras dan obat-obatan untuk papanya. Hidup seperti ini ia jalani selama lima tahun tetapi badannya tetap sehat, segar dan kuat.

ZhangDa Merawat Papanya yang Sakit.

Sejak umur 10 tahun, ia mulai tanggungjawab untuk merawat papanya. Ia menggendong papanya ke WC, ia menyeka dan sekali-sekali memandikan papanya, ia membeli beras dan membuat bubur, dan segala urusan papanya, semua dia kerjakan dengan rasa tanggungjawab dan kasih. Semua pekerjaan ini menjadi tanggungjawabnya sehari-hari.

Zhang Da menyuntik sendiri papanya.

Obat yang mahal dan jauhnya tempat berobat membuat Zhang Da berpikir untuk menemukan cara terbaik untuk mengatasi semua ini. Sejak umur sepuluh tahun ia mulai belajar tentang obat-obatan melalui sebuah buku bekas yang ia beli. Yang membuatnya luar biasa adalah ia belajar bagaimana seorang suster memberikan ijeksi/suntikan kepada pasiennya.

Setelah ia rasa ia mampu, ia nekad untuk menyuntik papanya sendiri. Saya sungguh kagum, kalau anak kecil main dokter-dokteran dan suntikan itu sudah biasa. Tapi jika anak 10 tahun memberikan suntikan seperti layaknya suster atau dokter yang sudah biasa memberi injeksi saya baru tahu hanya Zhang Da. Orang bisa bilang apa yang dilakukannya adalah perbuatan nekad, sayapun berpendapat demikian. Namun jika kita bisa memahami kondisinya maka saya ingin katakan bahwa Zhang Da adalah anak cerdas yang kreatif dan mau belajar untuk mengatasi kesulitan yang sedang ada dalam hidup dan kehidupannya. Sekarang pekerjaan menyuntik papanya sudah dilakukannya selama lebih kurang lima tahun, maka Zhang Da sudah trampil dan ahli menyuntik.

Aku Mau Mama Kembali

Ketika mata pejabat, pengusaha, para artis dan orang terkenal yang hadir dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut sedang tertuju kepada Zhang Da, Pembawa Acara (MC) bertanya kepadanya, “Zhang Da, sebut saja kamu mau apa, sekolah di mana, dan apa yang kamu rindukan untuk terjadi dalam hidupmu, berapa uang yang kamu butuhkan sampai kamu selesai kuliah, besar nanti mau kuliah di mana, sebut saja. Pokoknya apa yang kamu idam-idamkan sebut saja, di sini ada banyak pejabat, pengusaha, orang terkenal yang hadir.

Saat ini juga ada ratusan juta orang yang sedang melihat kamu melalui layar televisi, mereka bisa membantumu!” Zhang Da pun terdiam dan tidak menjawab apa-apa. MC pun berkata lagi kepadanya, “Sebut saja, mereka bisa membantumu” Beberapa menit Zhang Da masih diam, lalu dengan suara bergetar iapun menjawab, “Aku Mau Mama Kembali. Mama kembalilah ke rumah, aku bisa membantu Papa, aku bisa cari makan sendiri, Mama Kembalilah!” demikian Zhang Da bicara dengan suara yang keras dan penuh harap.

Saya bisa lihat banyak pemirsa menitikkan air mata karena terharu, saya pun tidak menyangka akan apa yang keluar dari bibirnya. Mengapa ia tidak minta kemudahan untuk pengobatan papanya, mengapa ia tidak minta deposito yang cukup untuk meringankan hidupnya dan sedikit bekal untuk masa depannya, mengapa ia tidak minta rumah kecil yang dekat dengan rumah sakit, mengapa ia tidak minta sebuah kartu kemudahan dari pemerintah agar ketika ia membutuhkan, melihat katabelece yang dipegangnya semua akan membantunya. Sungguh saya tidak mengerti, tapi yang saya tahu apa yang dimintanya, itulah yang paling utama bagi dirinya. Aku Mau Mama Kembali, sebuah ungkapan yang mungkin sudah dipendamnya sejak saat melihat mamanya pergi meninggalkan dia dan papanya.

Tidak semua orang bisa sekuat dan sehebat Zhang Da dalam mensiasati kesulitan hidup ini. Tapi setiap kita pastinya telah dikaruniai kemampuan dan kekuatan yg istimewa untuk menjalani ujian di dunia. Sehebat apapun ujian yg dihadapi pasti ada jalan keluarnya…ditiap-tiap kesulitan ada kemudahan dan Tuhan tidak akan menimpakan kesulitan diluar kemampuan umat-Nya.

Jadi janganlah menyerah dengan keadaan, jika sekarang sedang kurang beruntung, sedang mengalami kekalahan….bangkitlah! karena sesungguhnya kemenangan akan diberikan kepada siapa saja yg telah berusaha sekuat kemampuannya.

baca selengkapnya... »

Jumat, 18 Juni 2010

8 x 3 = 23

Yan Hui adalah murid kesayangan Confusius yang suka belajar, sifatnya baik. Pada suatu hari ketika Yan Hui sedang bertugas, dia melihat satu toko kain sedang dikerumunin banyak orang. Dia mendekat dan mendapati pembeli dan penjual kain sedang berdebat.

Pembeli berteriak: "3x8 = 23, kenapa kamu bilang 24?
"Yan Hui mendekati pembeli kain dan berkata: "Sobat, 3x8 = 24, tidak usah diperdebatkan lagi".
Pembeli kain tidak senang lalu menunjuk hidung Yan Hui dan berkata: "Siapa minta pendapatmu? Kalaupun mau minta pendapat mesti minta ke Confusius. Benar atau salah Confusius yang berhak mengatakan".
Yan Hui: "Baik, jika Confusius bilang kamu salah, bagaimana?"
Pembeli kain: "Kalau Confusius bilang saya salah, kepalaku aku potong untukmu. Kalau kamu yang salah, bagaimana?"
Yan Hui: "Kalau saya yang salah, jabatanku untukmu".
Keduanya sepakat untuk bertaruh, lalu pergi mencari Confusius. Setelah Confusius tahu duduk persoalannya, Confusius berkata
kepada Yan Hui sambil tertawa: "3x8 = 23. Yan Hui, kamu kalah. Kasihkan jabatanmu kepada dia." Selamanya Yan Hui tidak akan berdebat dengan gurunya. Ketika mendengar Confusius bilang dia salah, diturunkannya topinya lalu dia berikan kepada pembeli kain.
Orang itu mengambil topi Yan Hui dan berlalu dengan puas.Walaupun Yan Hui menerima penilaian Confusius tapi hatinya tidak sependapat. Dia merasa Confusius sudah tua dan pikun sehingga dia tidak mau lagi belajar darinya. Yan Hui minta cuti dengan alasan urusan keluarga. Confusius tahu isi hati Yan Hui dan memberi cuti padanya. Sebelum berangkat, Yan Hui pamitan dan Confusius memintanya cepat kembali setelah urusannya selesai, dan memberi Yan Hui dua nasehat : "Bila hujan lebat, janganlah berteduh di bawah pohon. Dan jangan membunuh."
Yan Hui bilang baiklah lalu berangkat pulang.
Di dalam perjalanan tiba2 angin kencang disertai petir, kelihatannya sudah mau turun hujan lebat. Yan Hui ingin berlindung di bawah pohon tapi tiba2 ingat nasehat Confusius dan dalam hati berpikir untuk menuruti kata gurunya sekali lagi. Dia meninggalkan pohon itu. Belum lama dia pergi, petir menyambar dan pohon itu hancur. Yan Hui terkejut, nasehat gurunya yang pertama sudah terbukti.
Apakah saya akan membunuh orang? Yan Hui tiba dirumahnya sudah larut malam dan tidak ingin mengganggu tidur istrinya. Dia menggunakan pedangnya untuk membuka kamarnya. Sesampai didepan ranjang, dia meraba dan mendapati ada seorang di sisi kiri ranjang dan seorang lagi di sisi kanan. Dia sangat marah, dan mau menghunus pedangnya. Pada saat mau menghujamkan pedangnya, dia ingat lagi nasehat Confusius, jangan membunuh. Dia lalu menyalakan lilin dan ternyata yang tidur disamping istrinya adalah adik istrinya.
Pada keesokan harinya, Yan Hui kembali ke Confusius, berlutut dan berkata: "Guru, bagaimana guru tahu apa yang akan terjadi?"
Confusius berkata: "Kemarin hari sangatlah panas, diperkirakan akan turun hujan petir, makanya guru mengingatkanmu untuk tidak berlindung dibawah pohon. Kamu kemarin pergi dengan amarah dan membawa pedang, maka guru mengingatkanmu agar jangan membunuh".
Yan Hui berkata: "Guru, perkiraanmu hebat sekali, murid sangatlah kagum."
Confusius bilang: "Aku tahu kamu minta cuti bukanlah karena urusan keluarga. Kamu tidak ingin belajar lagi dariku. Cobalah kamu pikir. Kemarin guru bilang 3x8=23 adalah benar, kamu kalah dan kehilangan jabatanmu. Tapi jikalau guru bilang 3x8=24 adalah benar, si pembeli kainlah yang kalah dan itu berarti akan hilang 1 nyawa. Menurutmu, jabatanmu lebih penting atau kehilangan 1 nyawa yang lebih penting?"
Yan Hui sadar akan kesalahannya dan berkata : "Guru mementingkan yang lebih utama, murid malah berpikir guru sudah tua dan pikun. Murid benar2 malu."
Sejak itu, kemanapun Confusius pergi Yan Hui selalu mengikutinya.
Cerita ini mengingatkan kita:
Jikapun aku bertaruh dan memenangkan seluruh dunia, tapi aku kehilangan kamu, apalah artinya.
Dengan kata lain, kamu bertaruh memenangkan apa yang kamu anggap adalah kebenaran, tapi malah kehilangan sesuatu yang lebih penting.
Banyak hal ada kadar kepentingannya. Janganlah gara2 bertaruh mati2an untuk prinsip kebenaran itu, tapi akhirnya malah menyesal, sudahlah terlambat.
Banyak hal sebenarnya tidak perlu dipertaruhkan. Mundur selangkah, malah yang didapat adalah kebaikan bagi semua orang.
Bersikeras melawan pelanggan. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga.
Bersikeras melawan atasan. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga.
Bersikeras melawan suami. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga.
Bersikeras melawan teman. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga
Kemenangan bukanlah soal medali, tapi terlebih dulu adalah kemenangan terhadap diri dan lebih penting kemenangan di dalam hati.
BE A WINNER!

baca selengkapnya... »

Si Kutu dan Kotak Korek Api

Kutu anjing adalah binatang yang mampu melompat 300 kali tinggi tubuhnya. Namun, apa yang terjadi bila ia dimasukan ke dalam sebuah kotak korek api kosong lalu dibiarkan disana selama satu hingga dua minggu?

Hasilnya, kutu itu sekarang hanya mampu melompat setinggi kotak korek api saja! Kemampuannya melompat 300 kali tinggi tubuhnya tiba-tiba hilang.
Ini yang terjadi. Ketika kutu itu berada di dalam kotak korek api ia mencoba melompat tinggi. Tapi ia terbentur dinding kotak korek api. Ia mencoba lagi dan terbentur lagi. Terus begitu sehingga ia mulai ragu akan kemampuannya sendiri. Ia mulai berpikir, “Sepertinya kemampuan saya melompat memang hanya segini.” Kemudian loncatannya disesuaikan dengan tinggi kotak korek api. Aman. Dia tidak membentur. Saat itulah dia menjadi sangat yakin, “Nah benar kan? Kemampuan saya memang cuma segini. Inilah saya!” Ketika kutu itu sudah dikeluarkan dari kotak korek api, dia masih terus merasa bahwa batas kemampuan lompatnya hanya setinggi kotak korek api. Sang kutu pun hidup seperti itu hingga akhir hayat. Kemampuan yang sesungguhnya tidak tampak. Kehidupannya telah dibatasi oleh lingkungannya.

Sesungguhnya di dalam kehidupan kita juga banyak kotak korek api. Misalnya anda memiliki teman kerja yang berbicara begini kepada Anda, “Ngapain sih kamu kerja keras seperti itu, kamu nggak bakalan dipromosikan, kok.” Ingat! Mereka adalah kotak korek api. Mereka bisa menghambat perkembangan potensi diri Anda. Korek api juga bisa berbentuk kondisi tubuh yang kurang sempurna, tingkat pendidikan yang rendah, kemiskinan, usia, dan lain sebagianya. Bila semua itu menjadi kotak korek api maka akan menghambat prestasi dan kemampuan anda yang sesungguhnya tidak tercermin dalam aktivitas sehari-hari. Bila potensi anda yang sesungguhnya ingin muncul, anda harus take action untuk menembus kotak korek api itu. Lihatlah Ucok Baba, dengan tinggi tubuh yang di bawah rata-rata ia mampu menjadi presenter di televisi. Andapun pasti kenal Helen Keller. Dengan mata yang buta, tuli dan “gagu” dia mampu lulus dari Harvard University. Bill Gates tidak menyelesaikan pendidikan sarjananya, namun mampu menjadi “raja” komputer. Andrie Wongso, tidak menamatkan sekolah dasar namun mampu menjadi motivator nomor satu di Indonesia. Begitu pula dengan Nelson Mandela. Ia menjadi presiden Afrika Selatan setelah usianya lewat 65 tahun. Kolonel Sanders sukses membangun jaringan restoran fast food ketika usianya sudah lebih dari 62 tahun.
Nah, bila anda masih terkungkung dengan kotak korek api, pada hakekatnya anda masih terjajah. Orang-orang seperti Ucok Baba, Helen Keller, Andrie Wongso, Bill Gates dan Nelson Mandela adalah orang yang mampu menembus kungkungan kotak korek api. Merekalah contoh sosok orang yang merdeka, sehingga mampu menembus berbagai keterbatasan.
BREAK YOUR BORDER . . . . TOUCH THE SKY . . . . ! Salam SUKSES SELALU dan TETAP SEMANGAT!

baca selengkapnya... »

Sandal Kulit Sang Raja

Seorang Maharaja akan berkeliling negeri untuk melihat keadaan rakyatnya. Ia memutuskan untuk berjalan kaki saja. Baru beberapa meter berjalan di luar istana kakinya terluka karena terantuk batu. Ia berpikir, “Ternyata jalan-jalan di negeriku ini jelek sekali. Aku harus memperbaikinya.”

Maharaja lalu memanggil seluruh menteri istana. Ia memerintahkan untuk melapisi seluruh jalan-jalan di
negerinya dengan kulit sapi yang terbaik. Segera saja para menteri istana melakukan persiapan-persiapan. Mereka mengumpulkan sapi-sapi dari seluruh negeri.

Di tengah-tengah kesibukan yang luar biasa itu, datanglah seorang pertapa menghadap Maharaja. Ia berkata pada Maharaja, “Wahai Paduka, mengapa Paduka hendak membuat sekian banyak kulit sapi untuk melapisi jalan-jalan di negeri ini, padahal sesungguhnya yang Paduka perlukan hanyalah dua potong kulit sapi untuk melapisi telapak kaki Paduka saja.“
Konon sejak itulah dunia menemukan kulit pelapis telapak kaki yang kita sebut “Sandal”.
Ada pelajaran yang berharga dari cerita itu. Untuk membuat dunia menjadi tempat yang nyaman untuk hidup, kadangkala, kita harus mengubah cara pandang kita, hati kita, dan diri kita sendiri, dan bukan dengan jalan mengubah dunia itu.
Karena kita seringkali keliru dalam menafsirkan dunia. Dunia, dalam pikiran kita, kadang hanyalah suatu bentuk personal. Dunia, kita artikan sebagai milik kita sendiri, yang pemainnya adalah kita sendiri. Tak ada orang lain yang terlibat disana, sebab, seringkali dalam pandangan kita, dunia, adalah bayangan diri kita sendiri.
Ya, memang, jalan kehidupan yang kita tempuh masih terjal dan berbatu. Manakah yang kita pilih, melapisi setiap jalan itu dengan permadani berbulu agar kita tak pernah merasakan sakit, atau, melapisi hati kita dengan kulit pelapis, agar kita dapat bertahan melalui jalan-jalan itu?

baca selengkapnya... »

Selasa, 15 Juni 2010

Daftar Website Islami

Bagi yang ingin berkunjung ke situs2 Islam sekaligus mengetahui kegiatannya, bisa lihat di rincian berikut ini :

http://www.hudzaifah.org
Hudzaifah.org - halaqah, taushiyah, kisah-hikmah, tokoh, cerpen, taujihat, dll, forum diskusi, polling, galeri foto, LDK nya Trisakti, dll.

http://www.isnet.org
Islamic Network - Pelopor website Islam milik ummat Islam Indonesia, artikel-artikel Islam, kliping, ebook, dll.

http://www.infopalestina.com/index.asp
Pusat Informasi Palestina - Berita bumi Palestina paling gress dalam bahasa Indonesia. Masjid Al Aqsa Kiblat pertama umat Islam.

http://www.indohalal.com
INDOHalal.com - halal, islam, product halal

http://www.eramuslim.com
eramuslim.com - muslim, islam, iman, news, berita

http://www.myquran.org
myQuran.org - Komunitas, forum diskusi, myquran

http://www.nasyid.com
Nasyid.com - nasyid, lirik, ringtoneislam, islam, raihan, rabbani, saujana, senandung

http://www.masjidits.com
Manarul 'Ilmi Online - Dakwah, Kampus, Aktifis, Islam, Halaqoh, Pernik, ITS

http://www.masjidipb.com/
LDK DKM Al Hurriyah IPB - LDK nya Institut Pertanian Bogor

http://www.ikadi.org
Ikadi.org - Ikatan Da�i Indonesia

http://swaramuslim.net/
swaramuslim net - Islam Berita

http://www.alsofwah.or.id
Alsofwah.or.id - Islam, dakwah, Al Sofwah

http://www.hidayatullah.com
Hidayatullah.com - Informasi dunia Islam

http://www.alislam.or.id
AlIslam.or.id - Islam, iman, artikel

http://www.gemainsani.co.id/
Gema Insani - Penerbit buku Islam

http://www.robbanipress.co.id/
Robbani Press Online - Penerbit buku Islam

http://www.muslimsources.com/
Muslimsources - Artikel, berita, direktori situs Islam, direktori lain2.

http://www.indomuslim.net
Indonesian Muslimah Network - islam, muslim, muslimah, wanita, anak, keluarga, indonesia, milis, mailinglist, grup, perkumpulan, tauhid, fikih, do\'a, salat, dakwah, jihad, berita

http://www.kharisma.de
Kharisma - Kajian wanita Indonesia dan pendidikan, LSM Kharisma women education di Jerman

http://www.degromiest.nl
Cafe Degroumiest - Warung silaturahmi muslim asal Indonesia di Groningen

http://www.fahima.org
Rumah Fahima - Forum Silaturim Muslimah (Indonesia di Jepang)

http://www.ummigroup.co.id/
Majalah Ummi Online - Majalah muslimah

http://www.ummigroup.co.id/annida/
Annida Online - Majalah Annida

http://www.majalahsaksi.com
SAKSI - Pembela Aspirasi Rakyat - Majalah SAKSI

http://www.imsa.us/
Indonsian Muslim Society in America (IMSA)

http://imsa-sisters.imsa.us/
Indonsian Muslim Society in America - Sister (IMSA-Sister)

http://kpii.org/
Keluarga Pelajar Islam Indonesia, Sidney, Australia

http://akhwat.kpii.org
Pengajian akhwat KPII Sidney Australia

http://www.radiotarbiyah.net/ar/modules/news/
RT: Radio Tarbiyah - Menjalin Ukhuwah Mengikat Ilmu - News - Pengumuman - Investigasi dan Sertifikasi Halal Makanan di Jepang

http://www.qommunityradio.de/
Qommunity Network Germany for Edutainment Radio Streaming - Radio Internet milik muslim Indonesia Di Jerman

http://www.kafemuslimah.com
Kafemuslimah - islam, wanita, akhwat, muslimah, muhammad, cerpen, ibu, ummi, wanita, ukhti, perempuan, quran, hadis, hadist, jurnal, tulisan, cerpen, ramadhan, lebaran ,resep, tulisan, bukutamu, penulis, muslim, Allah, fiqh, fiqih, puasa.

http://www.ajangkita.com
Ajangkita.com - diskusi, ngobrol, islam, kristen, dialog, katholik, protestan, antar agama

http://www.icmi.or.id/
ICMI On Line - Situs tentang Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia.

http://kammi.or.id
Portal KAMMI - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia

http://www.kammi-jepang.net/
KAMMI Jepang - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia di Jepang

http://www.muslimblog.net
[IndonesianMuslimBlogger] - Komunitas Indonesian Muslim Blogger (IMB)

http://www.manajemenqolbu.com
manajemenqolbu - Daarut Tauhiid

http://www.mer-c.org
Medical Emergency Rescue Committee - MERC sebuah LSM yang bergerak di kegawatdaruratan medis

http://www.kaffah.com
kaffah - Searching

http://www.kotasantri.com
KotaSantri.com - Islam, dakwah, jihad, belanja, kotasantri, santri, chat, forum, banner, dunia, belanajr, pendidikan, info, nasyid

http://www.ukhuwah.or.id
Forum Ukhuwah Dan Kajian Islam - Forum Ukhuwah Dan Kajian Islam

http://rydaviny.net
Komunitas Indonesia di Taiwan - Masjid Taiwan

http://www.pkpu.or.id/
PKPU Online - Pos Keadilan Peduli Ummat, lembaga sosial milik ummat

http://www.aldakwah.org
Aldakwah - Lembaga Dakwah dan Taklim (L-Data), artikel-artikel Islam

http://www.alhikmah.com/
Alhikmah.com - Menebar da'wah di dunia maya, artikel-artikel, berita, diskusi, dll.

http://www.boemi-islam.com/
Boemi-islam.com - Bumi perjuangan dan pergerakan

http://www.klikjv.com/
KlikJV.com - Grup Nasyid Justice Voice

http://www.liriknasyid.com
LirikNasyid.com - Lirik-lirik nasyid, Indonesia, malaysia, dll, chord, dll

http://www.ppmr.org/
PPMR - Pengajian Pelajar Muslim Rotterdam :: To facilitate and stimulate the Islamic way of life

http://www.pmij.org
PPMI - Persaudaraan Muslim Indonesia Jepang

http://www2.gamais.itb.ac.id/
GAMAIS ITB - Keluarga Mahasiswa Islam ITB

http://www.portalinfaq.org
PortalInfaq.org - Pelayanan zakat/infaq secara online

http://www.istecs.org
ISTECS :: Toward empowering and enlighting society - Institut for Science and Technology Studies

http://www.albarokah.or.id/
Musholla Al-Barokah Gedung Cyber Jakarta

http://www.kibar.org.uk
Keluarga Islam Britania Raya (KIBAR)

http://www.harunyahya.com/indo/index.php
http://www.tazkiaonline.com/
http://www.cybermuslim.net
http://www.forumlingkarpena.org/
http://www.usahamulia.net
http://www.mui.or.id
http://www.lintau.com/
http://www.surau.org/
http://www.portalinfaq.org
http://www.istecs.org
http://www.albarokah.or.id/
http://www.alhikmah.com/
http://www.imz.or.id/
http://www.dompetdhuafa.or.id/
http://www.boemi-islam.com/
http://www.dilibrary.net
http://www.klikjv.com/
http://www.liriknasyid.com
http://www.mer-c.org
http://www.kaffah.com
http://www.pkpu.or.id/
http://www.kotasantri.com
http://www.bapekis.or.id/
http://www.islamuda.com/
http://www.amanah.or.id/
http://www.ydsf.or.id/
http://www.ukhuwah.or.id
http://www.isnet.org
http://www.mualaf.com/
http://www.pesantrenvirtual.com/
http://www.sabili.co.id/
http://www.muslimblog.net
http://www.infopalestina.com/
http://www.indohalal.com
http://www.eramuslim.com
http://www.myquran.org
http://www.nasyid.com
http://www.ikadi.org
http://swaramuslim.net/
http://www.hidayatullah.com
http://www.alislam.or.id
http://www.gemainsani.co.id/
http://www.robbanipress.co.id/
http://www.muslimsources.com/
http://www.ummigroup.co.id/
http://www.ummigroup.co.id/annida/
http://www.radiotarbiyah.net/ar/modules/news/
http://www.qommunityradio.de/
http://www.kafemuslimah.com
http://www.ajangkita.com

LEMBAGA DAKWAH KAMPUS / MASJID KAMPUS / ORG INTRA KAMPUS MAHASISWA MUSLIM

http://www.hudzaifah.org
http://www.masjidits.com
http://www.masjidipb.com/
http://www2.gamais.itb.ac.id/

MAHASISWA / WARGA INDONESIA di LUAR NEGERI

http://www.indomuslim.net
http://www.kharisma.de
http://www.degromiest.nl
http://www.fahima.org
http://www.imsa.us/
http://imsa-sisters.imsa.us/
http://kpii.org/
http://akhwat.kpii.org
http://rydaviny.net
http://www.ppmr.org/
http://www.pmij.org
http://www.kibar.org.uk

PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

http://www.majalahsaksi.com

ICMI

http://www.icmi.or.id/

KAMMI

http://www.kammi.or.id
http://www.kammi-jepang.net/

DAARUT TAUHIID

http://www.manajemenqolbu.com
http://www.cybermq.com/
http://www.dpu-online.com


PERSATUAN ISLAM

http://www.persis.or.id

AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH

http://www.alirsyad.or.id/

HIZBUT TAHRIR INDONESIA

http://www.al-islam.or.id
http://www.hizbut-tahrir.or.id
http://www.hayatulislam.net/

AL DAKWAH

http://www.aldakwah.org

AL SOFWAH

http://www.alsofwah.or.id

SALAFI

http://www.vbaitullah.or.id/
http://www.kajian.co.nr/
http://www.mediasalafy.com/
http://www.thullabul-ilmiy.or.id
http://www.hakekat.com/
http://fatwa-ulama.com/
http://www.assunnah.or.id/
http://www.muslim.or.id/
http://www.salafyoon.net/
http://www.salafindo.com/
http://www.jilbab.or.id/
http://www.almanhaj.or.id/
http://www.perpustakaan-islam.com/
http://asysyariah.com/
http://assunnah.mine.nu/

NAHDHATUL ULAMA

http://www.nu.or.id/
http://www.wahidinstitute.org/
http://www.gusmus.net
http://www.gusdur.net/


SIPILIS CS (sekularisme, pluralisme agama, dan liberalisme)

http://www.desantara.org/
http://www.islamemansipatoris.com/
http://www.lkis.or.id/
http://www.syarikat.org
http://www.rahima.or.id/
http://www.rifka-annisa.or.id/
http://islamlib.com/

SYI'AH

http://www.fatimah.org
http://www.muthahhari.or.id/

Kalau yang ini Website untuk menyesatkan umat Islam dan pemurtadan
[url]
http://www.isadanislam.com [/url]

Hati-hati!

Daftar Situs Islam yang Bermanfaat
INFO DARI MILIS DT
Assalamu’alaikum..
Di bawah ini adalah daftar link situs2 Islam dan situs2 bagus. Semoga bermanfaat…
Anak-Anak
http://www.bunyan.co.id Bunyan, Membentuk Generasi Ideal Masa Depan
yang Berakhlak Mulia, Cerdas, Kreatif, Imajinatif

Artikel Islam
http://media.isnet.org Pustaka Online Media ISNET (Islamic Network)
http://www.cintaislam.com CintaIslam.com, Menjalin Cinta dan
Silaturahim
http://www.cybermq.com CyberMQ, Cakrawala Informasi dan Inspirasi
http://www.kaffah.com Kaffah.com, be real muslim be kaffah
http://www.media-islam.or.id Media Islam, Belajar Islam Sesuai Al
Qur’an dan Hadits
http://www.mediamuslim.info Media Muslim INFO
http://www.mii.fmipa.ugm.ac.id Media Informasi Islam FMIPA UGM
http://www.mualaf.com Mualaf Center Online
http://www.percikan-iman.com Percikan Iman, Menuju Era Dakwah Tanpa
Batas
http://www.sinaimesir.com SINAI, Studi Informasi Alam Islami
http://www.ukhuwah.or.id Ukhuwah.or.id
Asuransi
http://www.takaful.com Takaful Indonesia
Berita
http://www.eramuslim.com Berita dunia Islam
http://www.hidayatullah.com Hidayatullah.com
http://www.infopalestina.com Pusat Informasi Palestina
http://www.republika.co.id Republika Online
http://www.sabili.co.id Sabili Cybernews

http://www.suara-islam.com Suara Islam Online
Dakwah dan Harakah
http://www.al-ikhwan.net Kajian Islam berlandaskan Al-Qur’an dan As-
Sunnah
http://www.boemi-islam.com Boemi Islam, Bumi Perjuangan dan
Pergerakan
http://www.dakwah.info Dakwah Info
http://www.usahamulia.net Usahamulia dot net, SAMARA dan Da’wah
Dunia Lain
http://www.majalah-ghoib.com Majalah Ghoib
Ekonomi & Bisnis
http://www.ekonomisyariah.net Portal Ekonomi Syariah Indonesia
http://www.ekonomisyariah.org Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)
http://www.fossei.org Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI)
http://www.iseg-unpad.org Islamic Studies of Economics-Group (ISEG)
FE Unpad
http://www.jpmi.or.id Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI)
http://www.karimconsulting.com KARIM Business Consulting
http://www.pasarmuslim.com Pasarmuslim.com, Media Iklan dan Bisnis
http://www.pkes.org Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES)
http://www.sebi.ac.id STIE Shari’ah Economics & Banking Institute
http://www.senyumuslim.com Senyumuslim, Waralaba Toko Buku Islam
http://www.seputarkita.com Wijawiyata Jaring Asia
http://www.tazkiaonline.com TazkiaOnline.com, Merangkai Jejaring
Ekonomi Syariah
Ibadah Haji
http://www.informasihaji.com Informasi Haji Departemen Agama
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
http://www.beritaiptek.com Berita IPTEK Online
http://www.harunyahya.com/indo Harun Yahya
http://www.ilmukomputer.com IlmuKomputer.Com
http://www.istecs.org Institute for Science and Technology Studies
(ISTECS)
http://www.mifta.org Muslim Information Technology Association
http://www.miti.or.id Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia
(MITI)
Jurnalisme dan Kepenulisan
http://kamus.javakedaton.com Kamus Bahasa Arab – Indonesia
http://www.flpjepang.com Rumah Cinta, Forum Lingkap Pena (FLP)
Jepang
http://www.penulislepas.com Kiprah dan komunitas penulis lepas di
internet
http://www.wedangjae.com Komunitas Wedangjae. Wacana dan Analisis
Jurnalisme Empatik
Kepemudaan, Pelajar, dan Mahasiswa


http://pelajar-islam.or.id situs Pelajar Islam Indonesia (PII)
http://al-hadiid.brawijaya.ac.id KBM Al Hadiid Fakultas Teknik
Universitas Brawijaya
http://isi.stiki.ac.id Ikatan Studi Islam (ISI) STIKI Malang
http://ukki.eepis-its.edu Unit Kegiatan Kerohanian Islam PENS ITS
http://ukmi.uns.ac.id Jamaah Nurul Huda UKM Islam Univ Sebelas Maret
Surakarta
http://www.al-azzam.com LDK Al Azzam Universitas Budi Luhur
http://www.ash-shaff.org Barisan Dakwah SMAN 2 Bekasi
http://www.dakwah-fk.com Forum Ukhuwah Lembaga Da’wah Fakultas
Kedokteran (FULDFK)
http://www.faris8.com Forum Alumni Rohis SMKN 8 (FARIS8)
http://www.fsrmy.net Forum Silaturrahim Remaja Masjid Yogyakarta
(FSRMY)
http://www.gamaisitb.org Keluarga Mahasiswa Islam ITB
http://www.hudzaifah.org Hudzaifah.org, Bertaqwa, Kreatif, dan
Cerdas. Lembaga Dakwah Kampus Trisakti
http://www.iqroclub.org IQRO Club
http://www.kammi-jepang.net Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia
(KAMMI) Jepang
http://www.kammi.or.id Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia
(KAMMI)
http://www.kammiuin.or.id KAMMI UIN Jakarta
http://www.kapmi.or.id Kesatuan Aksi Pelajar Muslim Indonesia
(KAPMI)
http://www.karisma-itb.org Keluarga Remaja Islam Salman ITB
http://www.kmfh.hukum.ugm.ac.id KMFH UGM Yogyakarta
http://www.ksai-aluswah.org Kelompok Studi dan Amaliyah Islam (KSAI)
Al Uswah, Lembaga Muslim Alumni SMAN 1 Teladan Yogyakarta
http://www.ski.fkip.uns.ac.id Sentra Kegiatan Islam FKIP UNS
http://www.skistttelkom.or.id Sentra Kegiatan Islam STT Telkom
Bandung
http://www.thulaby.com Thulaby Indonesia, Aliansi Pelajar dan
Mahasiswa untuk Demokrasi, Kesejahteraan, dan Masyarakat Islami
http://www.ukmassalam.org UKM AsSalam Darmajaya
http://www.wasilah.net Wadah Silaturahim Alumni Rohis SLTP 88
Komputer dan Software
http://www.jifisa.net Media JIFISA Software House
Komunitas Darat
http://www.degromiest.nl Cafe deGromiest, The Groningen Moslem
Society
http://www.forkom-jerman.org Forum Komunikasi Masyarakat Muslim
Indonesia se-Jerman
http://www.ikpdnmesir.com Ikatan Keluarga Pesantren Darunnajah
(IKPDN) Mesir
http://www.imeanet.org Wipha IMEA, Kmunitas Muslim Indonesia di kota
Enschede, Belanda
http://www.imsa.us Indonesian Muslim Society in America (IMSA)
http://www.kibar.org.uk Keluarga Islam Britania Raya dan Sekitarnya
(KIBAR)
http://www.kmii.jp Keluarga Masyarakat Islam Indonesia – Jepang
(KMII)
http://www.kpii.net Keluarga Pelajar Islam Indonesia (KPII) Sydney
Australia
http://www.miit-toronto.org Masyarakat Islam Indonesia di Toronto
(MIIT)
http://www.muslimdelft.nl Keluarga MuslimDelft, Belanda
http://www.pmij.org Persaudaraan Muslim Indonesia Jepang (PMIJ)
http://www.ppmr.org Pengajian Pelajar Muslim Rotterdam (PPMR)
http://www.rydaviny.net Majelis Taklim Yasin Taipei – Taiwan
Komunitas Maya
http://www.ajangkita.com Forum Ajangkita
http://www.islamdotnet.com IslamDotNet (ISDN) Portal
http://www.kotasantri.com KotaSantri.com, Komunitas Santri Virtual
http://www.muslimblog.net Indonesian Muslim Blogger (IMB)
http://www.myquran.org MyQuran
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan
http://daaruhiraa.multiply.com Pesantren Mahasiswa Daaru Hiraa’
Yogyakarta
http://www.alkausar.org Al Kausar Boarding School
http://www.darunnajah.com Pesantren Darunnajah
http://www.esqway165.com ESQ WAY 165
http://www.humairacenter.com Humaira Center
http://www.izzuddin.com Yayasan Izzuddin
http://www.kampussyariah.com Kampussyariah.com
http://www.lpknf.or.id Lembaga Pendidikan Komputer Nurul Fikri
http://www.nurulfikri.org Nurul Fikri Group
http://www.ppsdms.org Program Pembinaan SDM Strategis (PPSDMS)
http://www.sdit-alhikmah-jkt.sch.id SDIT Al Hikmah Jakarta


http://www.alhikmah.ac.id Kampus Pejuang Dakwah
Makanan, Kesehatan, dan Gaya Hidup
http://www.halalguide.info Guide to Halal and Islamic Lifestyle
http://www.indohalal.com Halal Lifestyle
Masjid dan Musholla
http://www.albarokah.or.id Musholla Al-Barokah Gedung Cyber
http://www.alhikmah-online.com Masjid Al Hikmah, Mampang, Jakarta
Selatan
http://www.alhikmah.or.id AL HIKMAH, Menebar Dakwah Dunia Maya
http://www.arroyyan.com DKM Ar Royyan, Perumahan Bojong Depok Baru
II Sukahati Cibinong Bogor
http://www.masjidipb.org Masjid Al Hurriyah IPB
http://www.masjidistiqlal.com Masjid Istiqlal Jakarta
http://www.masjidits.com Manarul Ilmi Online, Jamaah Masjid Manarul
Ilmi ITS
http://www.masjidkotabogor.com Masjid Kota Bogor
http://www.mbmstan.org Masjid Baitul Maal STAN
www.masjidal-falah.info Masjid Al Falah Surabaya
Medis dan Kedokteran
http://www.bsmi-bandung.or.id Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI)
Bandung
http://www.lkc.or.id Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC)
http://www.mer-c.org Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C)
Ormas dan LSM/NGO
http://www.gemanusa.or.id Gerakan Membangun Nurani Bangsa (Gema
Nusa)
http://www.icmi.or.id Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI)
Penerbitan dan Percetakan
http://www.eraintermedia.com Era Intermedia, menerbitkan buku-buku
pemikiran dan pergerakan
http://www.gemainsani.co.id Gema Insani Online
http://www.kautsar.co.id Pustaka Al-Kautsar
http://www.robbanipress.co.id Robbani Press Online
Perumahan
http://www.griyamadani.com Griya Madani
Peternakan dan Pemotongan Daging
http://www.amanahaqiqah.com Amanah Aqiqah
Radio
http://www.dakta.com Radio Dakta 107 FM Bekasi
http://www.qommunityradio.de Qommunity Radio Germany, Bersatu
Mempererat Persaudaraan
http://www.radiokita.nl Radio Kita
http://www.radionasyid.net Radio Nasyid Online
http://www.radiotarbiyah.net Radio Tarbiyah, Menjalin Ukhuwah
Mengikat Ilmu
Search Engine dan Portal
http://www.muslimsources.com Muslimsources.com
Sejarah
http://www.bangsamusnah.com BangsaMusnah.com
Seni dan Budaya
http://www.izisweb.com Tim Nasyid Izzatul Islam
http://www.klikjv.com Klikjv.com, Tim Nasyid Justice Voice
http://www.liriknasyid.com LirikNasyid.com
http://www.nasyidsnada.com Snada, Senandung Nasyid dan Dakwah
Sosial Kemanusiaan dan ZISWAF
http://www.aksicepattanggap.com ACT – Aksi Cepat Tanggap, Care for
Humanity
http://www.al-azharpeduli.com Lembaga Amil Zakat Al-Azhar Peduli
Ummat
http://www.bazisdki.go.id Badan Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah
(BAZIS) DKI Jakarta
http://www.dompetdhuafa.or.id Dompet Dhuafa Republika
http://www.dpu-online.com Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU-
DT)
http://www.dsim.or.id Dompet Sosial Insan Mulia
http://www.e-bmpk.net Baitul Maal Pupuk Kujang (BMPK) Cikampek
http://www.imz.or.id Institute Manajemen Zakat (IMZ)
http://www.kispa.org Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina
http://www.kki-sumut.or.id Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI)
Sumatera Utara
http://www.pkpu.or.id Pos Keadilan Peduli Ummat, Menggugah Nurani
Menebar Peduli
http://www.portalinfaq.org Portal Infaq
http://www.rumahzakat.org Rumah Zakat Indonesia
http://www.tebarhewan.or.id Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa
Republika
http://www.ydsf.or.id Yayasan Dana Sosial al-Falah
Sosial Politik
http://www.majalahsaksi.com Majalah SAKSI, Pembela Aspirasi Rakyat
Ulama, Fatwa, dan Syariah
http://www.ikadi.org Ikatan Da’i Indonesia (IKADI)
http://www.mui.or.id Majelis Ulama Indonesia
http://www.syariahonline.com Sharia Consulting Center (SCC), Pusat
Konsultasi Syariah
Wanita & Muslimah
http://akhwat.kpii.net Pengajian Akhwat KPII Sydney Australia
http://imsa-sisters.imsa.us IMSA Sisters
http://www.fahima.org Fahima, Forum Silaturahim Muslimah (Jepang)
http://www.indomuslim.net Indonesian Muslimah Network
http://www.kafemuslimah.com Kafe Muslimah
http://www.kharisma.de KHARISMA, Woman & Education
http://www.salimah.or.id Persaudaraan Muslimah
http://www.ummigroup.co.id Ummi Online, Identitas Wanita Islami
http://www.ummigroup.co.id/annida Annida Online, Cerdas Gaul Syar’i

baca selengkapnya... »

Penyakit-Penyakit di Musim Pancaroba

Akhir-akhir ini sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim pancaroba. Jika siang hari matahari bersinar sangat terik sehingga suasana terasa amat panas, namun tiba-tiba cuaca dapat berubah seketika menjadi hujan dan udara menjadi terasa dingin. Perubahan cuaca yang tiba-tiba inilah yang disebut dengan musim pancaroba.(macam2 virus di musim pancaroba - silakan klik di sini)

Musim pancaroba terjadi hanya pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan pada bulan September atau peralihan musim hujan ke musim kemarau pada bulan April. Perubahan udara dan temperatur sedikit banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas (daya tahan tubuh terhadap penyebab penyakit) kita berkurang, sehingga sering menyebabkan orang sakit di musim pancaroba.

Selain itu temperatur yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi yang memacu virus dan bakteri untuk lebih cepat berkembang biak. Jadi tidak heran lebih banyak orang terserang penyakit di musim pancaroba dibanding di musim yang temperaturnya relatif stabil.

Musim pancaroba atau musim peralihan dari kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya berkaitan erat dengan beberapa gangguan kesehatan seperti flu, batuk, pilek, demam, gangguan saluran napas, masuk angin, influenza, gangguan pencernaan seperti diare, dan tifus abdominalis. Kemunculan penyakit-penyakit tersebut kasusnya menjadi tinggi pada awal perubahan musim/pancaroba karena banyaknya kotoran yang menjadi vektor bagi bakteri dan virus penyebab penyakit, juga tak lepas dari pola pengkonsumsian makanan. Penyakit tersebut dapat timbul karena adanya bakteri atau virus yang mencemari makanan atau minuman.

Jenis Penyakit dan Gejala

Beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang pada musim pancaroba adalah:
1. Gangguan Saluran Napas, pengaruh perubahan cuaca sangat berpotensi mengganggu saluran pernapasan. Gejala awal gangguan saluran pernapasan yaitu batuk, bronkhitis, pilek atau influenza disertai bersin-bersin dan peningkatan suhu tubuh (demam). Demam bukan merupakan penyakit tersendiri, melainkan gejala dari penyakit lain misalnya influenza.

Demam biasanya ditandai dengan kenaikan suhu tubuh di atas 37°C . Pada influenza biasanya terjadi peningkatan suhu tubuh sekitar 38 °C - 40°C, selain itu kepala terasa sakit, juga otot-otot dan sendi-sendi, terasa lelah, kurang nafsu makan, suara parau, batuk yang tidak produktif, sakit tenggorokan dengan langit-langit di hulu tampak memerah, radang mata, keluar ingus, dan kongesti hidung. Panas tubuh biasanya lebih tinggi pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa. Gejala-gejala tersebut berangsur-angsur berkurang dan biasanya akan hilang sesudah 3-5 hari, namun batuk dan rasa lemah serta keletihan tetap.

Batuk merupakan gejala awal penyakit saluran napas, kadang ditandai dengan bersin-bersin, sesak napas, dan demam ringan sampai sedang. Penyakit saluran napas diantaranya yaitu bronkhitis. Penyakit ini memang lebih sering terjadi pada udara yang lembab dan berhawa dingin. Bronkhitis diantaranya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, dimulai saat bakteri atau virus mengiritasi bronkhus sampai akhirnya terjadi pembengkakan.

2. Gangguan Pencernaan, salah satu gangguan pencernaan yang biasanya muncul pada musim pancaroba dan awal musim hujan adalah diare. Diare ditandai dengan keluarnya buang air besar yang sangat encer seperti air, dan berlangsung terus menerus. Penyakit pada anak ini sebenarnya dapat digolongkan penyakit ringan, tetapi jika terjadi secara mendadak dan kurang mendapat perawatan maka diare juga dapat berakibat fatal, terutama apabila diare tersebut terjadi pada anak balita.

Berhubung diare dapat menyebabkan terjadinya kehilangan cairan tubuh yang berlebihan (dehidrasi) dan elektrolit, sehingga tubuh menjadi lemah dan lemas, apalagi kalau diare disertai dengan muntah-muntah. Penderita harus diberi minum sebanyak-banyaknya, serta diberi oralit.

Bila diare tidak juga berhenti maka penderita harus segera di bawa ke dokter. Penyakit diare pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satu penyebab yang paling umum adalah suatu infeksi ringan pada usus yang disebabkan bakteri, amuba, juga infeksi virus atau flu usus. Juga dapat disebabkan karena makanan dan minuman yang tercemar.

Gangguan pencernaan lain yang sering timbul pada musim pancaroba adalah demam tifoid atau penyakit tifus abdominalis. Merupakan suatu penyakit peradangan pada usus yang disebabkan oleh infeksi bakteria. Penyakit pada anak ini dapat terjadi melalui pengkonsumsian makanan dan minuman yang terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhosa.

Penyakit typhus abdominalis sangat cepat penularannya, yaitu melalui kontak dengan seseorang atau hewan yang terinfeksi. Pembuangan air kotoran yang tidak memenuhi syarat dan kondisi sanitasi yang tidak sehat menjadi faktor terbesar dalam penyebaran penyakit ini.

Tanda atau gejala penyakit typhus diawali dengan demam panas yang makin lama makin tinggi, selama mengalami panas tinggi penderita sering mengigau. Selain itu kepala terasa sakit, menggigil, berkeringat, letih, lemah, tidak nafsu makan dan berat badan berkurang, peradangan pada cabang tenggorokan, mual, muntah-muntah dan sakit perut yang mendadak.
Untuk perawatannya diusahakan untuk menurunkan panasnya dengan obat yang mempunyai efek antibiotik dan antipiretik. Istirahat di tempat tidur sampai semua tanda penyakit hilang. Makan makanan yang mengandung banyak cairan seperti sop, bubur cair dan lain-lain.

Penyakit-penyakit tersebut sangat mudah menyerang bila daya tahan tubuh menurun. Cuaca dan suhu udara yang cepat berubah di musim pancaroba, ditambah meningkatnya debu, kuman, dan radikal bebas membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit di atas.

Tips Sehat di Musim Pancaroba

Penyakit-penyakit pada musim pancaroba tersebut akan terus berulang seiring dengan perubahan musim, namun setidaknya kita bisa mencegah atau mengantisipasinya,
Sehingga tubuh kita mampu bertahan menghadapi musim pancaroba seperti saat ini.

Berikut ini adalah solusi agar tubuh tetap fit di tengah cuaca yang kurang bersahabat :
1. Konsumsi makanan bergizi. Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

2. Cukup Istirahat. Kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Tidur
6-8 jam sehari, memberikan tubuh kita istirahat yang cukup.

3. Sempatkan untuk berolahraga. Usahakan berolahraga secara rutin minimal 3 kali
seminggu selama 30 menit. Pilih olahraga yang bersifat aerobik seperti jogging, senam, treadmill, bersepeda, atau sekedar berjalan kaki berkeliling kompleks.

4. Kelola Stress dengan baik. Dewasa ini sangat sulit untuk menghindari stress. Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.

5. Konsumsi Suplemen yang tepat. Sebagian besar dari kita sulit memenuhi kebutuhan gizi harian dengan diet yang seimbang, sehingga suplemen tambahan diperlukan terutama di musim pancaroba. Vitamin C, Zinc, dan Echinachea adalah sebagian dari suplemen yang telah dibuktikan mampu mendongkrak daya tahan tubuh kita.

Pilih suplemen yang tepat dan minumlah sesuai kebutuhan kita.

6. Kurangi minum minuman dingin dan perbanyak minum air putih (suhu normal) minimal 8 gelas sehari. Minuman dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh kita terhadap peralihan cuaca.
Lakukan tips di atas secara rutin dan berkelanjutan maka anda sudah menutup pintu masuk bagi penyakit pancaroba untuk masuk ke dalam tubuh anda.

Selamat mencoba.
Oleh : Aritha Pandia, S.Si,Apt

baca selengkapnya... »

Senin, 14 Juni 2010

Islam Masuk ke Nusantara ketika Rasulullah SAW masih Hidup

Dalam literatur kuno asal Tiongkok tersebut, orang-orang Arab disebut sebagai orang-orang Ta Shih, sedang Amirul Mukminin disebut sebagai Tan mi mo ni’. Disebutkan bahwa duta Tan mi mo ni’, utusan Khalifah, telah hadir di Nusantara pada tahun 651 Masehi atau 31 Hijriah dan menceritakan bahwa mereka telah mendirikan Daulah Islamiyah.....

Islam masuk ke Nusantara dibawa para pedagang dari Gujarat, India, di abad ke 14 Masehi. Teori masuknya Islam ke Nusantara dari Gujarat ini disebut juga sebagai Teori Gujarat. Demikian menurut buku-buku sejarah yang sampai sekarang masih menjadi buku pegangan bagi para pelajar kita, dari tingkat sekolah dasar hingga lanjutan atas, bahkan di beberapa perguruan tinggi.

Namun, tahukah Anda bahwa Teori Gujarat ini berasal dari seorang orientalis asal Belanda yang seluruh hidupnya didedikasikan untuk menghancurkan Islam? Orientalis ini bernama Snouck Hurgronje, yang demi mencapai tujuannya, ia mempelajari bahasa Arab dengan sangat giat, mengaku sebagai seorang Muslim, dan bahkan mengawini seorang Muslimah, anak seorang tokoh di zamannya.

Menurut sejumlah pakar sejarah dan juga arkeolog, jauh sebelum Nabi Muhammad SAW menerima wahyu, telah terjadi kontak dagang antara para pedagang Cina, Nusantara, dan Arab. Jalur perdagangan selatan ini sudah ramai saat itu.

Mengutip buku Gerilya Salib di Serambi Makkah (Rizki Ridyasmara, Pustaka Alkautsar, 2006) yang banyak memaparkan bukti-bukti sejarah soal masuknya Islam di Nusantara, Peter Bellwood, Reader in Archaeology di Australia National University, telah melakukan banyak penelitian arkeologis di Polynesia dan Asia Tenggara.

Bellwood menemukan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa sebelum abad kelima masehi, yang berarti Nabi Muhammad SAW belum lahir, beberapa jalur perdagangan utama telah berkembang menghubungkan kepulauan Nusantara dengan Cina. Temuan beberapa tembikar Cina serta benda-benda perunggu dari zaman Dinasti Han dan zaman-zaman sesudahnya di selatan Sumatera dan di Jawa Timur membuktikan hal ini.

Dalam catatan kakinya Bellwood menulis, “Museum Nasional di Jakarta memiliki beberapa bejana keramik dari beberapa situs di Sumatera Utara. Selain itu, banyak barang perunggu Cina, yang beberapa di antaranya mungkin bertarikh akhir masa Dinasti Zhou (sebelum 221 SM), berada dalam koleksi pribadi di London. Benda-benda ini dilaporkan berasal dari kuburan di Lumajang, Jawa Timur, yang sudah sering dijarah…” Bellwood dengan ini hendak menyatakan bahwa sebelum tahun 221 SM, para pedagang pribumi diketahui telah melakukan hubungan dagang dengan para pedagang dari Cina.

Masih menurutnya, perdagangan pada zaman itu di Nusantara dilakukan antar sesama pedagang, tanpa ikut campurnya kerajaan, jika yang dimaksudkan kerajaan adalah pemerintahan dengan raja dan memiliki wilayah yang luas. Sebab kerajaan Budha Sriwijaya yang berpusat di selatan Sumatera baru didirikan pada tahun 607 Masehi (Wolters 1967; Hall 1967, 1985). Tapi bisa saja terjadi, “kerajaan-kerajaan kecil” yang tersebar di beberapa pesisir pantai sudah berdiri, walau yang terakhir ini tidak dijumpai catatannya.

Di Jawa, masa sebelum masehi juga tidak ada catatan tertulisnya. Pangeran Aji Saka sendiri baru “diketahui” memulai sistem penulisan huruf Jawi kuno berdasarkan pada tipologi huruf Hindustan pada masa antara 0 sampai 100 Masehi. Dalam periode ini di Kalimantan telah berdiri Kerajaan Hindu Kutai dan Kerajaan Langasuka di Kedah, Malaya. Tarumanegara di Jawa Barat baru berdiri tahun 400-an Masehi. Di Sumatera, agama Budha baru menyebar pada tahun 425 Masehi dan mencapai kejayaan pada masa Kerajaan Sriwijaya.

Temuan G. R Tibbets

Adanya jalur perdagangan utama dari Nusantara—terutama Sumatera dan Jawa—dengan Cina juga diakui oleh sejarahwan G. R. Tibbetts. Bahkan Tibbetts-lah orang yang dengan tekun meneliti hubungan perniagaan yang terjadi antara para pedagang dari Jazirah Arab dengan para pedagang dari wilayah Asia Tenggara pada zaman pra Islam. Tibbetts menemukan bukti-bukti adanya kontak dagang antara negeri Arab dengan Nusantara saat itu.

“Keadaan ini terjadi karena kepulauan Nusantara telah menjadi tempat persinggahan kapal-kapal pedagang Arab yang berlayar ke negeri Cina sejak abad kelima Masehi, ” tulis Tibbets. Jadi peta perdagangan saat itu terutama di selatan adalah Arab-Nusantara-China.

Sebuah dokumen kuno asal Tiongkok juga menyebutkan bahwa menjelang seperempat tahun 700 M atau sekitar tahun 625 M—hanya berbeda 15 tahun setelah Rasulullah menerima wahyu pertama atau sembilan setengah tahun setelah Rasulullah berdakwah terang-terangan kepada bangsa Arab—di sebuah pesisir pantai Sumatera sudah ditemukan sebuah perkampungan Arab Muslim yang masih berada dalam kekuasaan wilayah Kerajaan Budha Sriwijaya.

Di perkampungan-perkampungan ini, orang-orang Arab bermukim dan telah melakukan asimilasi dengan penduduk pribumi dengan jalan menikahi perempuan-perempuan lokal secara damai. Mereka sudah beranak–pinak di sana. Dari perkampungan-perkampungan ini mulai didirikan tempat-tempat pengajian al-Qur’an dan pengajaran tentang Islam sebagai cikal bakal madrasah dan pesantren, umumnya juga merupakan tempat beribadah (masjid).

Temuan ini diperkuat Prof. Dr. HAMKA yang menyebut bahwa seorang pencatat sejarah Tiongkok yang mengembara pada tahun 674 M telah menemukan satu kelompok bangsa Arab yang membuat kampung dan berdiam di pesisir Barat Sumatera. Ini sebabnya, HAMKA menulis bahwa penemuan tersebut telah mengubah pandangan orang tentang sejarah masuknya agama Islam di Tanah Air. HAMKA juga menambahkan bahwa temuan ini telah diyakini kebenarannya oleh para pencatat sejarah dunia Islam di Princetown University di Amerika.

Pembalseman Firaun Ramses II Pakai Kapur Barus Dari Nusantara

Dari berbagai literatur, diyakini bahwa kampung Islam di daerah pesisir Barat Pulau Sumatera itu bernama Barus atau yang juga disebut Fansur. Kampung kecil ini merupakan sebuah kampung kuno yang berada di antara kota Singkil dan Sibolga, sekitar 414 kilometer selatan Medan. Di zaman Sriwijaya, kota Barus masuk dalam wilayahnya. Namun ketika Sriwijaya mengalami kemunduran dan digantikan oleh Kerajaan Aceh Darussalam, Barus pun masuk dalam wilayah Aceh.

Amat mungkin Barus merupakan kota tertua di Indonesia mengingat dari seluruh kota di Nusantara, hanya Barus yang namanya sudah disebut-sebut sejak awal Masehi oleh literatur-literatur Arab, India, Tamil, Yunani, Syiria, Armenia, China, dan sebagainya.

Sebuah peta kuno yang dibuat oleh Claudius Ptolomeus, salah seorang Gubernur Kerajaan Yunani yang berpusat di Aleksandria Mesir, pada abad ke-2 Masehi, juga telah menyebutkan bahwa di pesisir barat Sumatera terdapat sebuah bandar niaga bernama Barousai (Barus) yang dikenal menghasilkan wewangian dari kapur barus.

Bahkan dikisahkan pula bahwa kapur barus yang diolah dari kayu kamfer dari kota itu telah dibawa ke Mesir untuk dipergunakan bagi pembalseman mayat pada zaman kekuasaan Firaun sejak Ramses II atau sekitar 5.000 tahun sebelum Masehi!

Berdasakan buku Nuchbatuddar karya Addimasqi, Barus juga dikenal sebagai daerah awal masuknya agama Islam di Nusantara sekitar abad ke-7 Masehi. Sebuah makam kuno di kompleks pemakaman Mahligai, Barus, di batu nisannya tertulis Syekh Rukunuddin wafat tahun 672 Masehi. Ini memperkuat dugaan bahwa komunitas Muslim di Barus sudah ada pada era itu.

Sebuah Tim Arkeolog yang berasal dari Ecole Francaise D’extreme-Orient (EFEO) Perancis yang bekerjasama dengan peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (PPAN) di Lobu Tua-Barus, telah menemukan bahwa pada sekitar abad 9-12 Masehi, Barus telah menjadi sebuah perkampungan multi-etnis dari berbagai suku bangsa seperti Arab, Aceh, India, China, Tamil, Jawa, Batak, Minangkabau, Bugis, Bengkulu, dan sebagainya.

Tim tersebut menemukan banyak benda-benda berkualitas tinggi yang usianya sudah ratusan tahun dan ini menandakan dahulu kala kehidupan di Barus itu sangatlah makmur.

Di Barus dan sekitarnya, banyak pedagang Islam yang terdiri dari orang Arab, Aceh, dan sebagainya hidup dengan berkecukupan. Mereka memiliki kedudukan baik dan pengaruh cukup besar di dalam masyarakat maupun pemerintah (Kerajaan Budha Sriwijaya). Bahkan kemudian ada juga yang ikut berkuasa di sejumlah bandar. Mereka banyak yang bersahabat, juga berkeluarga dengan raja, adipati, atau pembesar-pembesar Sriwijaya lainnya. Mereka sering pula menjadi penasehat raja, adipati, atau penguasa setempat. Makin lama makin banyak pula penduduk setempat yang memeluk Islam. Bahkan ada pula raja, adipati, atau penguasa setempat yang akhirnya masuk Islam. Tentunya dengan jalan damai.

Sejarahwan T. W. Arnold dalam karyanya “The Preaching of Islam” (1968) juga menguatkan temuan bahwa agama Islam telah dibawa oleh mubaligh-mubaligh Islam asal jazirah Arab ke Nusantara sejak awal abad ke-7 M.

Setelah abad ke-7 M, Islam mulai berkembang di kawasan ini, misal, menurut laporan sejarah negeri Tiongkok bahwa pada tahun 977 M, seorang duta Islam bernama Pu Ali (Abu Ali) diketahui telah mengunjungi negeri Tiongkok mewakili sebuah negeri di Nusantara (F. Hirth dan W. W. Rockhill (terj), Chau Ju Kua, His Work On Chinese and Arab Trade in XII Centuries, St.Petersburg: Paragon Book, 1966, hal. 159).

Bukti lainnya, di daerah Leran, Gresik, Jawa Timur, sebuah batu nisan kepunyaan seorang Muslimah bernama Fatimah binti Maimun bertanggal tahun 1082 telah ditemukan. Penemuan ini membuktikan bahwa Islam telah merambah Jawa Timur di abad ke-11 M (S. Q. Fatini, Islam Comes to Malaysia, Singapura: M. S. R.I., 1963, hal. 39).

Dari bukti-bukti di atas, dapat dipastikan bahwa Islam telah masuk ke Nusantara pada masa Rasulullah masih hidup. Secara ringkas dapat dipaparkan sebagai berikut: Rasululah menerima wahyu pertama di tahun 610 M, dua setengah tahun kemudian menerima wahyu kedua (kuartal pertama tahun 613 M), lalu tiga tahun lamanya berdakwah secara diam-diam—periode Arqam bin Abil Arqam (sampai sekitar kuartal pertama tahun 616 M), setelah itu baru melakukan dakwah secara terbuka dari Makkah ke seluruh Jazirah Arab.

Menurut literatur kuno Tiongkok, sekitar tahun 625 M telah ada sebuah perkampungan Arab Islam di pesisir Sumatera (Barus). Jadi hanya 9 tahun sejak Rasulullah SAW memproklamirkan dakwah Islam secara terbuka, di pesisir Sumatera sudah terdapat sebuah perkampungan Islam.

Selaras dengan zamannya, saat itu umat Islam belum memiliki mushaf Al-Qur’an, karena mushaf Al-Qur’an baru selesai dibukukan pada zaman Khalif Utsman bin Affan pada tahun 30 H atau 651 M. Naskah Qur’an pertama kali hanya dibuat tujuh buah yang kemudian oleh Khalif Utsman dikirim ke pusat-pusat kekuasaan kaum Muslimin yang dipandang penting yakni (1) Makkah, (2) Damaskus, (3) San’a di Yaman, (4) Bahrain, (5) Basrah, (6) Kuffah, dan (7) yang terakhir dipegang sendiri oleh Khalif Utsman.

Naskah Qur’an yang tujuh itu dibubuhi cap kekhalifahan dan menjadi dasar bagi semua pihak yang berkeinginan menulis ulang. Naskah-naskah tua dari zaman Khalifah Utsman bin Affan itu masih bisa dijumpai dan tersimpan pada berbagai museum dunia. Sebuah di antaranya tersimpan pada Museum di Tashkent, Asia Tengah.

Mengingat bekas-bekas darah pada lembaran-lembaran naskah tua itu maka pihak-pihak kepurbakalaan memastikan bahwa naskah Qur’an itu merupakan al-Mushaf yang tengah dibaca Khalif Utsman sewaktu mendadak kaum perusuh di Ibukota menyerbu gedung kediamannya dan membunuh sang Khalifah.

Perjanjian Versailes (Versailes Treaty), yaitu perjanjian damai yang diikat pihak Sekutu dengan Jerman pada akhir Perang Dunia I, di dalam pasal 246 mencantumkan sebuah ketentuan mengenai naskah tua peninggalan Khalifah Ustman bin Affan itu yang berbunyi: (246) Di dalam tempo enam bulan sesudah Perjanjian sekarang ini memperoleh kekuatannya, pihak Jerman menyerahkan kepada Yang Mulia Raja Hejaz naskah asli Al-Qur’an dari masa Khalif Utsman, yang diangkut dari Madinah oleh pembesar-pembesar Turki, dan menurut keterangan, telah dihadiahkan kepada bekas Kaisar William II (Joesoef Sou’yb, Sejarah Khulafaur Rasyidin, Bulan Bintang, cet. 1, 1979, hal. 390-391).

Sebab itu, cara berdoa dan beribadah lainnya pada saat itu diyakini berdasarkan ingatan para pedagang Arab Islam yang juga termasuk para al-Huffadz atau penghapal al-Qur’an.

Menengok catatan sejarah, pada seperempat abad ke-7 M, kerajaan Budha Sriwijaya tengah berkuasa atas Sumatera. Untuk bisa mendirikan sebuah perkampungan yang berbeda dari agama resmi kerajaan—perkampungan Arab Islam—tentu membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum diizinkan penguasa atau raja. Harus bersosialisasi dengan baik dulu kepada penguasa, hingga akrab dan dipercaya oleh kalangan kerajaan maupun rakyat sekitar, menambah populasi Muslim di wilayah yang sama yang berarti para pedagang Arab ini melakukan pembauran dengan jalan menikahi perempuan-perempuan pribumi dan memiliki anak, setelah semua syarat itu terpenuhi baru mereka—para pedagang Arab Islam ini—bisa mendirikan sebuah kampung di mana nilai-nilai Islam bisa hidup di bawah kekuasaan kerajaan Budha Sriwijaya.

Perjalanan dari Sumatera sampai ke Makkah pada abad itu, dengan mempergunakan kapal laut dan transit dulu di Tanjung Comorin, India, konon memakan waktu dua setengah sampai hampir tiga tahun. Jika tahun 625 dikurangi 2,5 tahun, maka yang didapat adalah tahun 622 Masehi lebih enam bulan. Untuk melengkapi semua syarat mendirikan sebuah perkampungan Islam seperti yang telah disinggung di atas, setidaknya memerlukan waktu selama 5 hingga 10 tahun.

Jika ini yang terjadi, maka sesungguhnya para pedagang Arab yang mula-mula membawa Islam masuk ke Nusantara adalah orang-orang Arab Islam generasi pertama para shahabat Rasulullah, segenerasi dengan Ali bin Abi Thalib r. A..

Kenyataan inilah yang membuat sejarawan Ahmad Mansyur Suryanegara sangat yakin bahwa Islam masuk ke Nusantara pada saat Rasulullah masih hidup di Makkah dan Madinah. Bahkan Mansyur Suryanegara lebih berani lagi dengan menegaskan bahwa sebelum Muhammad diangkat menjadi Rasul, saat masih memimpin kabilah dagang kepunyaan Khadijah ke Syam dan dikenal sebagai seorang pemuda Arab yang berasal dari keluarga bangsawan Quraisy yang jujur, rendah hati, amanah, kuat, dan cerdas, di sinilah ia bertemu dengan para pedagang dari Nusantara yang juga telah menjangkau negeri Syam untuk berniaga.

“Sebab itu, ketika Muhammad diangkat menjadi Rasul dan mendakwahkan Islam, maka para pedagang di Nusantara sudah mengenal beliau dengan baik dan dengan cepat dan tangan terbuka menerima dakwah beliau itu, ” ujar Mansyur yakin.

Dalam literatur kuno asal Tiongkok tersebut, orang-orang Arab disebut sebagai orang-orang Ta Shih, sedang Amirul Mukminin disebut sebagai Tan mi mo ni’. Disebutkan bahwa duta Tan mi mo ni’, utusan Khalifah, telah hadir di Nusantara pada tahun 651 Masehi atau 31 Hijriah dan menceritakan bahwa mereka telah mendirikan Daulah Islamiyah dengan telah tiga kali berganti kepemimpinan. Dengan demikian, duta Muslim itu datang ke Nusantara di perkampungan Islam di pesisir pantai Sumatera pada saat kepemimpinan Khalifah Utsman bin Affan (644-656 M). Hanya berselang duapuluh tahun setelah Rasulullah SAW wafat (632 M).

Catatan-catatan kuno itu juga memaparkan bahwa para peziarah Budha dari Cina sering menumpang kapal-kapal ekspedisi milik orang-orang Arab sejak menjelang abad ke-7 Masehi untuk mengunjungi India dengan singgah di Malaka yang menjadi wilayah kerajaan Budha Sriwijaya.

Gujarat Sekadar Tempat Singgah

Jelas, Islam di Nusantara termasuk generasi Islam pertama. Inilah yang oleh banyak sejarawan dikenal sebagai Teori Makkah. Jadi Islam di Nusantara ini sebenarnya bukan berasal dari para pedagang India (Gujarat) atau yang dikenal sebagai Teori Gujarat yang berasal dari Snouck Hurgronje, karena para pedagang yang datang dari India, mereka ini sebenarnya berasal dari Jazirah Arab, lalu dalam perjalanan melayari lautan menuju Sumatera (Kutaraja atau Banda Aceh sekarang ini) mereka singgah dulu di India yang daratannya merupakan sebuah tanjung besar (Tanjung Comorin) yang menjorok ke tengah Samudera Hindia dan nyaris tepat berada di tengah antara Jazirah Arab dengan Sumatera.

Bukalah atlas Asia Selatan, kita akan bisa memahami mengapa para pedagang dari Jazirah Arab menjadikan India sebagai tempat transit yang sangat strategis sebelum meneruskan perjalanan ke Sumatera maupun yang meneruskan ekspedisi ke Kanton di Cina. Setelah singgah di India beberapa lama, pedagang Arab ini terus berlayar ke Banda Aceh, Barus, terus menyusuri pesisir Barat Sumatera, atau juga ada yang ke Malaka dan terus ke berbagai pusat-pusat perdagangan di daerah ini hingga pusat Kerajaan Budha Sriwijaya di selatan Sumatera (sekitar Palembang), lalu mereka ada pula yang melanjutkan ekspedisi ke Cina atau Jawa.

Disebabkan letaknya yang sangat strategis, selain Barus, Banda Aceh ini telah dikenal sejak zaman dahulu. Rute pelayaran perniagaan dari Makkah dan India menuju Malaka, pertama-tama diyakini bersinggungan dahulu dengan Banda Aceh, baru menyusuri pesisir barat Sumatera menuju Barus. Dengan demikian, bukan hal yang aneh jika Banda Aceh inilah yang pertama kali disinari cahaya Islam yang dibawa oleh para pedagang Arab. Sebab itu, Banda Aceh sampai sekarang dikenal dengan sebutan Serambi Makkah.

Sumber : Eramuslim - Rizki Ridyasmara

baca selengkapnya... »

Nabi Pembawa Kasih Tuhan

Lelaki berwibawa itu membariskan anak-anak pamannya, Abbas, Abdullah, Ubaidillah, dan Kutsair. Ia berkata kepada bocah-bocah itu, ”Ayo, siapa yang lebih dulu mencapaiku, aku beri hadiah.”
Bocah-bocah itu dengan gembira berlarian, berlomba mendapatkan laki-laki yang mereka cintai itu. Ada yang kemudian jatuh di dadanya, ada yang di punggungnya. Lelaki yang tidak lain adalah pemimpin agung Nabi Muhammad SAW itu pun memeluk dan menciumi mereka.

Ketika waktu salat tiba, Rasulullah SAW seperti biasa datang untuk mengimami jamaah. Namun, kali ini, beliau datang dan salat dengan memanggul cucunya, Umamah binti Abil ’Ash, di pundaknya. Pada saat rukuk, Umamah diletakkan dan saat bangkit dari rukuk cucunya itu diangkat lagi.

Kisah Nabi
Zahir sedang berada di pasar Madinah ketika tiba-tiba seseorang memeluknya kuat-kuat dari belakang. Tentu saja Zahir terkejut dan berusaha melepaskan diri, katanya, ”Lepaskan aku! Siapa ini?”
Orang yang memeluknya tidak melepaskannya, justru berteriak, ”Siapa mau membeli budak saya ini?” Begitu mendengar suaranya, Zahir sadar siapa orang yang mengejutkannya itu. Bahkan, ia merapatkan punggungnya ke dada orang yang memeluknya, sebelum kemudian mencium tangannya. Lalu, katanya riang, ”Lihatlah, ya, Rasulullah, ternyata saya tidak laku dijual.”
”Tidak, Zahir, di sisi Allah hargamu sangat tinggi,” sahut lelaki yang memeluk dan ”menawarkan” dirinya seolah budak itu yang ternyata tidak lain adalah Rasulullah, Muhammad SAW.
Zahir Ibn Haram dari suku Asyja’ adalah satu di antara sekian banyak orang dusun yang sering datang berkunjung ke Madinah, sowan menghadap Kanjeng Nabi Muhammad SAW.
Di perjalanan, rombongan berhenti untuk beristirahat. Ketika mereka menyiapkan santapan, seseorang mengangkat tangan dan berkata, ”Aku yang menyembelih kambingnya.”
”Aku yang mengulitinya!” kata yang lain. ”Aku yang memasak!” sahut yang lain lagi. ”Kalau begitu, aku yang mencari kayu bakar!” kata pemimpin mereka, Nabi Muhammad SAW. Orang- orang pun serentak berkata, ”Tak usah, ya, Rasulullah, biar kami saja yang bekerja.”
”Aku tahu kalian bisa membereskan pekerjaan ini tanpa aku,” sergah Sang Nabi, ”tetapi aku tidak ingin berbeda dari—istimewa melebihi—kalian. Allah tidak suka melihat hambanya berbeda dari sahabat-sahabatnya.”

Pemimpin Agung
Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, sengaja saya nukilkan penggalan-penggalan hadis. Hadis-hadis sahih semacam ini jarang sekali dinukil, baik dalam ceramah keagamaan maupun dalam tulisan. Mungkin orang menganggap hal- hal itu terlalu biasa dan kurang menarik. Padahal, pemeran utama berbagai penggalan kisah kehidupan itu adalah sang pemimpin agung yang nabi yang rasul, utusan Allah.
Pemeran utama berbagai cuplikan kisah itu adalah Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang oleh Michael H Hart, namanya ditempatkan dalam urutan pertama 100 manusia paling berpengaruh di dunia. Pemeran utama cuplikan-cuplikan kisah itu adalah utusan Allah, Muhammad SAW, yang agamanya diikuti oleh mayoritas bangsa ini. Pemimpin yang berhasil membangun masyarakat madani di Madinah. Pemimpin yang mencintai dan dicintai umatnya. Pemimpin yang ditaati karena dicintai dan bukan karena ditakuti.
Di dada dan punggung Pemimpin Agung itulah bocah-bocah, anak-anak pamannya, bergelayutan dengan riang. Di pundak Pemimpin Agung itulah Umamah binti Abil ’Ash, cucunya, digendong dibawa mengimami salat. Pemimpin Agung itulah yang bercanda dan menggoda salah seorang rakyatnya di pasar. Pemimpin Agung itulah yang tidak mau diistimewakan oleh kawan- kawan rombongannya dan meminta bagian pekerjaan juga seperti anggota rombongan yang lain.

Kasih sayang
Dari adegan-adegan sederhana itu, Anda pasti dapat membaca, antara lain, kasih sayang dan kerendah-hatian Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Kasih sayang dan kerendah-hatian inilah yang menjadi faktor utama mengapa beliau amat dicintai dan disayangi umatnya. Kasih sayang sudah menjadi bawaan Kanjeng Nabi SAW.
Pernah Kanjeng Nabi SAW mencium cucunya, Hasan Ibn Ali, di hadapan tokoh suku Tamim, Aqra’ Ibn Habis. Aqra’ berkomentar, ”Aku punya sepuluh anak dan tak seorang pun pernah aku cium.” Kanjeng Nabi memandang Aqra” dan bersabda, ”Man laa yarhamu laa yurhamu.” ”Orang yang tidak menyayangi, tidak akan disayangi.”
Kasih sayang bukan saja bawaan Rasulullah SAW dan merupakan sikap hidup beliau, melainkan juga merupakan misi beliau; sesuai dengan yang difirmankan Tuhannya dalam Al Quran (Q. 21: 107). Seperti nabi-nabi sebelumnya, Nabi Muhammad SAW adalah pembawa kasih sayang Tuhan. Maka, mereka yang mengaku pemimpin penerus risalah Nabi, tetapi tidak memiliki kasih sayang, akan kesulitan bahkan juga menyulitkan orang lain.
Semoga selawat dan salam dilimpahkan kepada Kanjeng NabiMuhammad SAW.

Sumber : A Mustofa Bisri Pengajar di Pondok Pesantren Taman Pelajar Raudlatut Thalibin, Rembang, Jawa Tengah

baca selengkapnya... »

Minggu, 13 Juni 2010

air Zamzam

Air adalah unsur terpenting bagi kehidupan. Artinya, secara biologis,
air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. Allah
Ta'ala telah berfirman:
" Dan aku jadikan dari air segala sesuatu menjadi hidup. Adakah mereka
tidak beriman." (QS. Al Anbiya': 30).

Air merupakan senyawa kimia dengan rumus H2O, artinya satu molekul air
tersusun atas dua atom Hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu
atom Oksigen.

Air merupakan pelarut penting yang memiliki kemampuan untuk melarutkan
banyak zat kimia lainnya, seperti garam, gula, asam, beberapa jenis gas
dan banyak macam molekul organik. Dan air adalah bagian terpenting dalam
proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan
respirasi. Fotosintesis menggunakan sinar matahari untuk memisahkan atom
Hidrigen dengan Oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa
dan Oksigen akan dilepas ke udara. Karena itu air merupakan unsur yang
tidak terpisahkan dari suatu kehidupan.

Sebagai suatu unsur yang sangat penting dalam kehidupan, ternyata air
juga memiliki perilaku yang unik. seperti dijelaskan oleh Dr. Masaru
Emoto dari Universitas Yokohama, Jepang dalam bukunya "The Hidden
Massage In The Water", air bersifat bisa merekam pesan seperti pita
magnetik atau compact disk. Sebab sebagai benda mati ternyata air mampu
"mendengar" kata-kata, "membaca" tulisan dan "mengerti" pesan.

Dr. Masaru Emoto dengan tekun melakukan penelitian terhadap perilaku
air. Air murni diambil dari mata air di pulau Honshu. Setelah dibacakan
doa secara agama Shinto, air disimpan dengan suhu -50 C di laboratorium,
lalu difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi,
terlihat molekul air membentuk kristal segi enam yang indah.

Percobaan diulangi dengan mengucapkan kata, "Arigato (terima kasih dalam
bahasa Jepang)" di depan botol air tadi, kristal kembali membentuk
formasi indah. Lalu dicoba dengan menghadapkan tulisan Jepang "Arigato",
kristal masih membentuk keindahan yang sama. Selanjutnya ditunjukkan
kata "Setan" kristal berbentuk buruk. Diputarkan musik Symphony Mozart,
kristal berbentuk bunga. Diperdengarkan heavy metal, kristal hancur.

Dr. Emoto keliling dunia, melakukan percobaan dengan air di Swiss,
Berlin, Perancis, Palestina, dan kemudian diundang oleh Markas Besar PBB
di New York pada Maret 2005 untuk mempresentasikan penemuannya.
Kesimpulannya adalah, bahwa air bisa menangkap pesan dan air bisa
mentransfer pesan kepada molekul air yang lain. Semakin kuat konsentrasi
pemberi pesan, semakin dalam pesan tertulis dalam air.

Barangkali temuan ini bisa menjelaskan mengapa air yang diberi doa bisa
menyembuhkan orang sakit. Dulu orang mengira hanya sekedar sugesti.
Tetapi ternyata air dapat menangkap pesan doa kesembuhan kepada Allah
Yang Maha Tinggi, menyimpannya, lalu vibrasinya merambat kepada molekul
air lain yang ada dalam tubuh si sakit.

Dan barangkali temuan ini juga yang menjelaskan mengapa air Zamzam
begitu berkhasiat. Zamzam menerima pesan doa jutaan orang selama ribuan
tahun sejak Nabi Ibrahim AS. Begitu besar khasiat air Zamzam, sehingga
banyak keterangan yang menjelaskan tentang itu.

1. "Air Zamzam adalah berguna untuk apa yang peminumnya inginkan.
Kalau seseorang minum supaya disembuhkan (dari penyakit), Allah akan
menyembuhkannya, jika seseorang meminumnya supaya kenyang, Allah akan
membuatnya kenyang. Dan jika seseorang meminumnya untuk menghilangkan
dahaga, maka Allah akan menghilangkannya. " (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

2. " Air Zamzam itu makanan bagi orang yang lapar dan sebagai obat
terhadap penyakit." (HR. Ibnu Abi Syaibah).

Ada doa yang baik untuk dibaca ketika akan minum air Zamzam, sehingga
apa yang kita niatkan saat minum air Zamzam dapat terkabul.

" Allahumma inni as'aluka 'ilman naafi'an warizqon waasi'an wasyifa'an
min kulli daa'in wasaqomin." (HR. Ibnu Majah dan Ad Daaruquthny) .

Artinya: " Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang
bermanfaat, dan rizki yang luas dan obat dari segala macam penyakit."
(HR. Ibnu Majah).

Adapun adab (tatacara) meminum air Zamzam adalah sebagaimana dituturkan
dalam haidts di bawah ini:

"Abu Bakar berkata: "Saya duduk di samping Ibnu Abbas, datanglah padanya
seseorang, lalu ia (Ibnu Abbas) berkata: "Dari mana engkau?" Ia (orang
tadi) menjawab: "Dari Zamzam." Lalu ia (Ibnu Abbas) berkata: "Apakah
engkau minum sebagaimana mestinya?" Ia menjawab: "Bagaimana itu?" Ia
(Ibnu Abbas) berkata: "Jika engkau hendak minum air Zamzam maka
menghadaplah ke arah kiblat, sebut nama Allah, nafas tiga kali.
Penuhilah perutmu dengan air Zamzam. Jika engkau telah usai (meminumnya)
maka ucapkanlah alhamdulillah. Karena sesungguhnya Rasulullah SAW
bersabda: "Sesungguhnya (yang membedakan) antara kita dengan mereka
(orang munafiq), mereka tidak mau memenuhi perut mereka dengan air
Zamzam."

(HR. At Turmudzi. 3061).

Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semua, dan memperoleh barokah
melalui air Zamzam.
baca selengkapnya... »

Jumat, 11 Juni 2010

Adakah Kehidupan Selain di Planet Bumi?

Kita ketahui sampai detik ini bahwa kehidupan manusia berada di planet bumi, sedangkan masih ada planet-planet lain yang berada di dalam susunan tata surya bima sakti. Kenapa di planet-planet lain tidak ada kehidupan? Apa gunanya Allah menciptakan planet-planet lain selain bumi bagi kehidupan manusia? Apakah hanya sebagai penghias jagad raya ini saja, atau ada tujuan lain lagi atas penciptaannya. Sampai hari ini itulah batas pengetahuan manusia.

Untuk mengetahui rahasia terciptanya alam semesta ini sebaiknya mari kita lihat dan observasi Al-Qur'an sebagai Maha Ilmu Kehidupan ini. Allah swt. selalu mengaitkan antara langit dan bumi dalam beberapa ayatnya. Ini menandakan adanya hubungan yang saling terkait erat antara keduanya sebagai sarana tempat kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Sejauh ini pengetahuan manusia tentang langit adalah ruang hampa udara yang tak terbatas luasnya, tak berujung pangkal. Sampai hari ini manusia belum mampu sepenuhnya menembus langit dan membuka tabir segala misteri yang menyelubunginya dengan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Sedangkan pengetahuan tentang bumi, sudah banyak manusia menaklukkannya, mengeksplorasi serta mengeksploitasinya untuk hajat kehidupan manusia, sehingga bumi yang bulat tidak tersekat lagi oleh jarak antara belahan bumi selatan dengan belahan bumi utara. Bumi bagaikan kampung kecil dalam tata surya kita. Sehingga wajar jika manusia ingin menjelajah planet-planet lain untuk hajat kehidupannya, karena memang manusia mempunyai jiwa adventure ingin menjelajahi dan mengembara dimanapun yang belum diketahuinya.

Di dalam Al-Qur'an kata langit disebut sebanyak 300 kali. Sedangkan bumi disebut sebanyak 461 kata. Hanya ada 161 perbedaan jumlah ayat antara langit dan bumi dalam Al-Qur'an, ini menandakan bahwa bumi menempatkan posisi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa manusia pertama diciptakan Allah swt. dari suatu saripati (berasal) dari tanah (Q.S. Al-Mukminuun/ 23 : 12). Maka wajarlah jika manusia sangat cinta kepada tanah airnya, karena manusia sangat terikat dengan bumi. Bumi adalah pabrik besar pendaur ulang bagi kehidupan manusia, karena dari bumi/tanahlah manusia berasal, lalu dikembalikan lagi ke bumi (wafat) dan akan dibangkitkan lagi dari bumi pada kali yang lain (Q.S. Thaahaa/20 : 55).

Bumi terdiri dari daratan dan lautan yang komposisinya lebih besar lautan dari daratannya yaitu 75% dari permukaan bumi, berarti manusia hidup dikelilingi oleh air sebagai sumber kehidupannya. Tanpa air manusia tidak dapat hidup. Lalu dari mana asalnya air? Dan siapa yang menurunkannya? Air berasal dari langit yang merupakan hasil kondensasi/penguapa n air laut, lalu terjadi proses alam maka turunlah air hujan dari langit yang berguna untuk menumbuhkan berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan yang kemudian air tersimpan di dalamnya. Lalu siapakah yang menurunkannya? Dialah Allah swt. Yang Maha Pencipta alam semesta ini, karena Dialah sumber segala kehidupan di alam ini (Q.S. Thaahaa/20 : 53 dan Q.S. Al-Mukminuun/ 23 : 18). Jadi ada beberapa anasir penting yang dapat membuat manusia itu dapat hidup di bumi, diantaranya adalah air (H2O), oksigen (O2), lapisan atmosfer, gaya gravitasi dan cahaya matahari. Unsur-unsur inilah yang menjadi syarat bagi kelangsungan hidup manusia di bumi.

Lalu kalau kita bertanya adakah kehidupan di planet lain? Ataukah ada planet lain yang bisa dihuni oleh manusia dan keturunannya?

Sepanjang pengetahuan manusia sampai detik ini belum diketemukan kehidupan di planet lain selain bumi. Dan sepanjang sejarah peradaban manusia belum ada planet yang didiami manusia selain di bumi. Tapi yang namanya manusia tak pernah puas dengan apa yang sudah didapatkannya, ia terus melakukan eksplorasi melalang tata surya dengan iptek yang dimilikinya, terus menjelajah yang bisa dijelajah, terus mengadakan observasi dan eksperimen-eksperim en tanpa kenal lelah dan putus asa untuk mendapatkan pengetahuan akan kepastian ada atau tidaknya kehidupan di luar planet bumi. Karena sebagian manusia sudah bosan hidup di bumi , ia ingin mencari, menjelajah dan mendiami planet selain bumi untuk dihuni. Sehingga apapun akan dikorbankan, baik itu berupa harta maupun jiwa untuk mendapatkan sesuatu yang dicarinya dan dicita-citakannya yaitu mengungkap rahasia alam semesta ini. Sudah banyak misi yang dilakukan oleh negara-negara maju seperti AS, Rusia, Eropa, Jepang dan Cina untuk menjelajah dan mempelajari benda-benda di luar angkasa sana. Sejauh ini ada yang berhasil dan ada juga yang mengalami kegagalan.

Allah swt. sebagai Sang Khaliq memberikan kebebasan sebebas bebasnya kepada manusia untuk menembus, melintasi serta menjelajahi seantero/penjuru langit dan bumi atau alam semesta ini sekemampuan yang dimiliki oleh manusia, sebagaimana tersurat dalam Al-Qur'an surat Ar-Rahmaan : 33,artinya : "Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus(melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan".

Mendengar, melihat dan memahami apa yang terdapat dalam ayat tersebut di atas, maka di situlah jaminan dan harapan bagi manusia yang Allah swt. informasikan kepada manusia, bahwa di luar planet bumi ada secercah harapan kemungkinan kehidupan di planet lain, asalkan manusia terus berkesinambungan tanpa putus asa untuk mempelajari, mengolah dan melakukan eksperimen-eksperim en untuk menciptakan suasana kehidupan seperti di planet bumi.[]

Mekkah adalah Pusat Dunia!!

Neil Amstrong telah membuktikan bahwa kota Mekah adalah pusat dari planet Bumi. Fakta ini telah di diteliti melalui sebuah penelitian Ilmiah.Ketika Neil Amstrong untuk pertama kalinya melakukan perjalanan ke luar angkasa dan mengambil gambar planet Bumi, di berkata : "Planet Bumi ternyata menggantung di area yang sangat gelap, siapa yang menggantungnya ?."

Para astronot telah menemukan bahwa planet Bumi itu mengeluarkan semacam radiasi, secara resmi mereka mengumumkannya di Internet, tetapi sayang nya 21 hari kemudian website tersebut raib yang sepertinya ada asalan tersembunyi dibalik penghapusan website tersebut.Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, ternyata radiasi tersebut berpusat di kota Mekah, tepatnya berasal dari Ka'Bah. Yang mengejutkan adalah radiasi tersebut bersifat infinite ( tidak berujung ), hal ini terbuktikan ketika mereka mengambil foto planet Mars, radiasi tersebut masih berlanjut terus. Para peneliti Muslim mempercayai bahwa radiasi ini memiliki karakteristik dan menghubungkan antara Ka'Bah di di planet Bumi dengan Ka'bah di alam akhirat.Di tengah-tengah antara kutub utara dan kutub selatan, ada suatu area yang bernama 'Zero Magnetism Area', artinya adalah apabila kita mengeluarkan kompas di area tersebut, maka jarum kompas tersebut tidak akan bergerak sama sekali karena daya tarik yang sama besarnya antara kedua kutub.Itulah sebabnya jika seseorang tinggal di Mekah, maka ia akan hidup lebih lama, lebih sehat, dan tidak banyak dipengaruhi oleh banyak kekuatan gravitasi. Oleh sebab itu lah ketika kita mengelilingi Ka'Bah, maka seakan-akan diri kita di-charged ulang oleh suatu energi misterius dan ini adalah fakta yang telah dibuktikan secara ilmiah.Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa batu Hajar Aswad merupakan batu tertua di dunia dan juga bisa mengambang di air. Di sebuah musium di negara Inggris, ada tiga buah potongan batu tersebut ( dari Ka'Bah ) dan pihak musium juga mengatakan bahwa bongkahan batu-batu tersebut bukan berasal dari sistem tata surya kita.

Kota Makkah-juga disebut Bakkah-tempat di mana umat Islam dunia melaksanakan haji, terbukti sebagai tempat yang pertama diciptakan. Telah menjadi kenyataan ilmiah bahwa bola bumi ini pada mulanya tenggelam di dalam air (samudera yang sangat luas).Kemudian gunung api di dasar samudera ini meletus dengan keras dan mengirimkan lava dan magma dalam jumlah besar yang membentuk 'bukit'. Dan bukit ini adalah tempat Allah memerintahkan untuk menjadikannya lantai dari Ka'bah (kiblat). Batu basal Makkah dibuktikan oleh suatu studi ilmiah sebagai batu paling purba di bumi.Jika demikian, ini berarti bahwa Allah terus-menerus memperluas dataran dari tempat ini. Jadi, ini adalah tempat yang paling tua di dunia. Adakah hadits yang nabawi yang menunjukkan fakta yang mengejutkan ini? Jawaban adalah ya. Nabi bersabda, 'Ka'bah itu adalah se sistim tanah di atas air, dari tempat itu bumi ini diperluas.' Dan ini didukung oleh fakta tersebut.Menjadi tempat yang pertama diciptakan itu menambah sisi spiritual tempat tersebut. Juga, yang mengatakan nabi yang tempat di dalam dahulu kala dari waktu menyelam di dalam air dan siapa yang mengatakan kepada dia bahwa Ka'bah adalah pemenang pertama yang untuk dibangun atas potongan dari ini tempat seperti yang didukung oleh studi dari basalt mengayun-ayun di Makkah?

Makkah Pusat Bumi

Prof. Hussain Kamel menemukan suatu fakta mengejutkan bahwa Makkah adalah pusat bumi. Pada mulanya ia meneliti suatu cara untuk menentukan arah kiblat di kota-kota besar di dunia.Untuk tujuan ini, ia menarik garis-garis pada peta, dan sesudah itu ia mengamati dengan seksama posisi ketujuh benua terhadap Makkah dan jarak masing-masing. Ia memulai untuk menggambar garis-garis sejajar hanya untuk memudahkan proyeksi garis bujur dan garis lintang.Setelah dua tahun dari pekerjaan yang sulit dan berat itu, ia terbantu oleh program-program komputer untuk menentukan jarak-jarak yang benar dan variasi-variasi yang berbeda, serta banyak hal lainnya. Ia kagum dengan apa yang ditemukan, bahwa Makkah merupakan pusat bumi.Ia menyadari kemungkinan menggambar suatu lingkaran dengan Makkah sebagai titik pusatnya, dan garis luar lingkaran itu adalah benua-benuanya. Dan pada waktu yang sama, ia bergerak bersamaan dengan keliling luar benua-benua tersebut. (Majalah al-Arabiyyah, edisi 237, Agustus 1978).Gambar- gambar Satelit, yang muncul kemudian pada tahun 90-an, menekankan hasil yang sama ketika studi-studi lebih lanjut mengarah kepada topografi lapisan-lapisan bumi dan geografi waktu daratan itu diciptakan.Telah menjadi teori yang mapan secara ilmiah bahwa lempengan-lempengan bumi terbentuk selama usia geologi yang panjang, bergerak secara teratur di sekitar lempengan Arab. Lempengan-lempengan ini terus menerus memusat ke arah itu seolah-olah menunjuk ke Makkah.Studi ilmiah ini dilaksanakan untuk tujuan yang berbeda, bukan dimaksud untuk membuktikan bahwa Makkah adalah pusat dari bumi. Bagaimanapun, studi ini diterbitkan di dalam banyak majalah sain di Barat.Allah berfirman di dalam al-Qur'an al-Karim sebagai berikut: 'Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Qur'an dalam bahasa Arab supaya kamu memberi peringatan kepada Ummul Qura (penduduk Makkah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya. .' (asy-Syura: 7)Kata 'Ummul Qura' berarti induk bagi kota-kota lain, dan kota-kota di sekelilingnya menunjukkan Makkah adalah pusat bagi kota-kota lain, dan yang lain hanyalah berada di sekelilingnya. Lebih dari itu, kata ummu (ibu) mempunyai arti yang penting di dalam kultur Islam.Sebagaimana seorang ibu adalah sumber dari keturunan, maka Makkah juga merupakan sumber dari semua negeri lain, sebagaimana dijelaskan pada awal kajian ini. Selain itu, kata 'ibu' memberi Makkah keunggulan di atas semua kota lain.

Waktu Dunia, Makkah atau Greenwich?

Berdasarkan pertimbangan yang seksama bahwa Makkah berada tengah-tengah bumi sebagaimana yang dikuatkan oleh studi-studi dan gambar-gambar geologi yang dihasilkan satelit, maka benar-benar diyakini bahwa Kota Suci Makkah, bukan Greenwich, yang seharusnya dijadikan rujukan waktu dunia. Hal ini akan mengakhiri kontroversi lama yang dimulai empat dekade yang lalu.Ada banyak argumentasi ilmiah untuk membuktikan bahwa Makkah merupakan wilayah nol bujur sangkar yang melalui kota suci tersebut, dan ia tidak melewati Greenwich di Inggris. GMT dipaksakan pada dunia ketika mayoritas negeri di dunia berada di bawah jajahan Inggris. Jika waktu Makkah yang diterapkan, maka mudah bagi setiap orang untuk mengetahui waktu shalat.

Makkah adalah Pusat dari lapisan-lapisan langit.

Ada beberapa ayat dan hadits nabawi yang menyiratkan fakta ini. Allah berfirman, 'Hai golongan jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.' (ar-Rahman:33) . Kata aqthar adalah bentuk jamak dari kata 'qutr' yang berarti diameter, dan ia mengacu pada langit dan bumi yang mempunyai banyak diameter.Dari ayat ini dan dari beberapa hadits dapat dipahami bahwa diameter lapisan-lapisan langit itu di atas diameter bumi (tujuh lempengan bumi). Jika Makkah berada di tengah-tengah bumi, maka itu berarti bahwa Makkah juga berada di tengah-tengah lapisan-lapisan langit.Selain itu ada hadits yang mengatakan bahwa Masjidil Haram di Makkah, tempat Ka'bah berada itu ada di tengah-tengah tujuh lapisan langit dan tujuh bumi (maksudnya tujuh lapisan pembentuk bumi). Nabi bersabda, 'Wahai orang-orang Makkah, wahai orang-orang Quraisy, sesungguhnya kalian berada di bawah pertengahan langit.'

Thawaf di Sekitar Makkah

Dalam Islam, ketika seseorang thawaf di sekitar Ka'bah, maka ia memulai dari Hajar Aswad, dan gerakannya harus berlawanan dengan arah jarum jam. Hal itu adalah penting mengingat segala sesuatu di alam semesta dari atom hingga galaksi itu bergerak berlawanan dengan arah jarum jam.Elektron- elektron di dalam atom mengelilingi nukleus secara berlawanan dengan jarum jam. Di dalam tubuh, sitoplasma mengelilingi nukleus suatu sel berlawanan dengan arah jarum jam. Molekul-molekul protein-protein terbentuk dari kiri ke kanan berlawanan dengan arah jarum jam.Di dalam kandungan para ibu, telur mengelilingi diri sendiri berlawanan dengan arah jarum jam. Sperma ketika mencapai indung telur mengelilingi diri sendiri berlawanan dengan arah jarum jam. Peredaran darah manusia mulai gerakan berlawanan dengan arah jarum jamnya. Perputaran bumi pada porosnya dan di sekeliling matahari secara berlawanan dengan arah jarum jam.Perputaran matahari pada porosnya berlawanan dengan arah jarum jam. Matahari dengan semua sistimnya mengelilingi suatu titik tertentu di dalam galaksi berlawanan dengan arah jarum jam. Galaksi juga berputar pada porosnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Allahu Akbar...

baca selengkapnya... »

Bagaimana Doa Dapat Mempercepat Kesembuhan Pasien

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". (QS. Al Mu'min, 40:60)

Menurut Al Qur'an, doa, yang berarti "seruan, menyampaikan ungkapan, permintaan, permohonan pertolongan," adalah berpalingnya seseorang dengan tulus ikhlas kepada Allah, dan memohon pertolongan dari-Nya, Yang Mahakuasa, Maha Pengasih dan Penyayang, dengan kesadaran bahwa dirinya adalah wujud yang memiliki kebergantungan. Penyakit adalah salah satu dari contoh tersebut yang dengannya manusia paling merasakan kebergantungan ini dan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Tambahan lagi, penyakit adalah sebuah ujian, yang direncanakan menurut Hikmah Allah, yang terjadi dengan Kehendak-Nya, dan sebagai peringatan bagi manusia akan kefanaan dan ketidaksempurnaan kehidupan ini, dan juga sebagai sumber pahala di Akhirat atas kesabaran dan ketaatan karenanya.
Sebaliknya mereka yang tidak memiliki iman, meyakini bahwa jalan kesembuhan adalah melalui dokter, obat atau kemampuan teknologi mutakhir dari ilmu pengetahuan modern. Mereka tidak pernah berhenti untuk merenung bahwa Allah-lah yang menyebabkan keseluruhan perangkat tubuh mereka untuk bekerja di saat mereka sedang sehat, atau Dialah yang menciptakan obat yang membantu penyembuhan dan para dokter ketika mereka sakit. Banyak orang hanya kembali menghadap kepada Allah di saat mereka sadar bahwa para dokter dan obat-obatan tidak memiliki kesanggupan. Orang-orang yang berada pada keadaan tersebut memohon pertolongan hanya kepada Allah, setelah menyadari bahwa hanya Dialah yang dapat membebaskan mereka dari kesulitan. Allah telah menyatakan pola pikir ini dalam sebuah ayat:
Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu daripadanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan. (QS, Yunus, 10:12)
Padahal sesungguhnya, sekalipun dalam keadaan sehat, atau tanpa cobaan atau kesulitan lain, seseorang wajib berdoa dan bersyukur kepada Allah atas segala kenikmatan, kesehatan dan seluruh karunia yang telah Dia berikan.
Inilah satu sisi paling penting dari doa: Di samping berdoa dengan lisan menggunakan suara, penting pula bagi seseorang melakukan segala upaya untuk berdoa melalui perilakunya. Berdoa dengan perilaku bermakna melakukan segala sesuatu yang mungkin untuk mencapai harapan tertentu. Misalnya, di samping berdoa, seseorang yang sakit sepatutnya juga pergi ke dokter ahli, menggunakan obat-obatan yang berkhasiat, dan menjalani perawatan rumah sakit jika perlu, atau perawatan khusus dalam bentuk lain. Sebab, Allah mengaitkan segala sesuatu yang terjadi di dunia ini pada sebab-sebab tertentu. Segala sesuatu di dunia dan di alam semesta terjadi mengikuti sebab-sebab ini. Oleh karena itu, seseorang haruslah melakukan segala hal yang diperlukan dalam kerangka sebab-sebab ini, sembari berharap hasilnya dari Allah, dengan kerendahan diri, berserah diri dan bersabar, dengan menyadari bahwa Dialah yang menentukan hasilnya.
Pengaruh menguntungkan dari keimanan dan doa bagi orang sakit, dan bagaimana hal ini dapat mempercepat penyembuhan adalah sesuatu yang telah menarik perhatian dari dan dianjurkan oleh para dokter. Dengan judul "God and Health: Is Religion Good Medicine? Why Science Is Starting to Believe" [Tuhan dan Kesehatan: Apakah Agama Adalah Obat Yang Baik? Mengapa Ilmu Pengetahuan Mulai Percaya], majalah terkenal Newsweek terbitan tanggal 10 November 2003 mengangkat pengaruh agama dalam penyembuhan penyakit sebagai bahasan utamanya. Majalah tersebut melaporkan bahwa keimanan kepada Tuhan meningkatkan harapan pasien dan membantu pemulihan mereka dengan mudah, dan bahwa ilmu pengetahuan mulai meyakini bahwa pasien dengan keimanan agama akan pulih lebih cepat dan lebih mudah. Menurut pendataan oleh Newsweek, 72% masyarakat Amerika mengatakan mereka percaya bahwa berdoa dapat menyembuhkan seseorang dan berdoa membantu kesembuhan. Penelitian di Inggris dan Amerika Serikat juga telah menyimpulkan bahwa doa dapat mengurangi gejala-gejala penyakit pada pasien dan mempercepat proses penyembuhannya.
Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Michigan, depresi dan stres teramati pada orang-orang yang taat beragama dengan tingkat rendah. Dan, menurut penemuan di Universitas Rush di Chicago, tingkat kematian dini di kalangan orang-orang yang beribadah dan berdoa secara teratur adalah sekitar 25% lebih rendah dibandingkan pada mereka yang tidak memiliki keyakinan agama. Penelitian lain yang dilakukan terhadap 750 orang, yang menjalani pemeriksaan angiocardiography [jantung dan pembuluh darah], membuktikan secara ilmiah "kekuatan penyembuhan dari doa." Telah diakui bahwa tingkat kematian di kalangan pasien penyakit jantung yang berdoa menurun 30% dalam satu tahun pasca operasi yang mereka jalani.
Sejumlah contoh doa yang disebutkan dalam Al Qur'an adalah:
Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: "(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang". Maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah. (QS. Al Anbiyaa', 21:83-84)
Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim." Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman. (QS. Al Anbiyaa', 21:87-88)
Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik. Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepadanya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' kepada Kami. (QS. Al Anbiyaa', 21:89-90)
Sesungguhnya Nuh telah menyeru Kami: maka sesungguhnya sebaik-baik yang memperkenankan (adalah Kami). (QS. Ash Shaaffaat, 37:75)
Sebagaimana telah disebutkan, doa tidak semestinya hanya dilakukan untuk menghilangkan penyakit, atau kesulitan-kesulitan duniawi lainnya. Orang beriman yang sejati haruslah senantiasa berdoa kepada Allah dan menerima apa pun yang datang dari-Nya. Kenyataan bahwa sejumlah manfaat doa yang diwahyukan di dalam banyak ayat Al Qur'an kini sedang diakui kebenarannya secara ilmiah, sekali lagi mengungkapkan keajaiban yang dimiliki Al Qur'an.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al Baqarah, 2:186)

baca selengkapnya... »

Rabu, 09 Juni 2010

Jibril dan Mikail turut berperang membela Nabi di hari Uhud

Saya melihat Rasulullah s.a.w pada hari Uhud. Bersamanya ada dua orang lelaki yang berperang untuk membelanya.

Kedua-duanya berpakaian putih. Mereka berperang dengan sengit-sengitnya. Aku tidak pernah melihat mereka sebelum itu dan tidak pula sesudahnya
baca selengkapnya... »

Sabtu, 05 Juni 2010

Larangan membunuh semut

"Saya mendengar Rasulullah s.a.w bersabda " Seekor semut telah menggigit seorang Nabi dari Nabi-Nabi Bani Israil.

Karena itu Nabi menyuruh membakar kampung semut itu. Kemudian Allah mewahyukan kepadanya "Apakah seekor semut menggigit engkau, engkau membakar suatu ummat yang bertasbih kepada Tuhan?"
baca selengkapnya... »